• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Jokowi Bangga Pencak Silat Jadi Warisan Dunia


              Jokowi Bangga Pencak Silat Jadi Warisan Dunia
    Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi Bangga Pencak Silat Jadi Warisan Dunia.
     
    SUMBARRAYA.COM, - - - UNESCO menetapkan pencak silat sebagai warisan budaya tak benda melalui sidang ke-14 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage. 

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun mengatakan, pengakuan dari UNESCO ini merupakan sebuah penghormatan dunia bagi tradisi dan kebudayaan Indonesia.

    "Karena itulah, penetapan pencak silat sebagai warisan budaya tak benda oleh PBB ini adalah sebuah penghormatan dunia bagi tradisi dan kebudayaan kita," ujar Jokowi melalui akun media sosialnya, Ahad, 15 Desember 2019.
     
    Penetapan tradisi pencak silat sebagai warisan budaya takbenda untuk kemanusiaan ini dilakukan saat sidang UNESCO di Bogota, Kolombia, Kamis, 12 Desember 2019 lalu. Jokowi mengatakan, pencak silat bukan hanya sekadar beladiri khas Indonesia yang juga populer di seluruh Nusantara.
     
    Menurut Jokowi, pencak silat merupakan warisan budaya luhur yang mengandung falsafah, spiritualitas, dan kesenian.  Sebelumnya, menurut Direktur Jenderal Direktorat Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid, tradisi pencak silat dinilai memenuhi kualifikasi berkontribusi terhadap peradaban manusia.

    Tradisi pencak silat ini sudah diusulkan oleh komunitas perguruan pencak silat dari sejumlah daerah beberapa tahun yang lalu. Kemudian pemerintah melalui Kemendikbud mengajukan secara resmi naskah pencak silat kepada UNESCO pada 2017 lalu.

    (Source: Republika.co.id)

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa