• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Survei TRUST: Duet Prabowo-Puan Keok Oleh Anies-Ganjar


     SUMBARRAYA.COM, - - -

     Hasil survei Trust Indonesia Research and Consulting menyatakan simulasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai pasangan capres-cawapres memiliki elektabilitas yang tinggi.

    Simulasi pasangan itu mengalahkan elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Ketua DPR Puan Maharani. Anies-Ganjar memiliki 41 persen, sementara Prabowo-Puan 33,1 persen.

    Saat Anies disandingkan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), elektabilitasnya mencapai 39,8 persen. Angka tersebut tetap lebih unggul ketimbang Prabowo-Puan yang hanya dipilih oleh 31,8 peren responden.

    "Elektabilitas tertinggi diraih oleh pasangan Anies Baswedan jika berpasangan dengan AHY, Ganjar Pranowo, maupun Sandiaga Uno," ujar Direktur Eksekutif Trust Azhari Ardinal dalam acara rilis survei nasional di Cikini, Senin (31/1).

    Apabila Prabowo dipasangkan dengan Anies, elektabilitas mereka hanya 23,4 persen.

    Simulasi sepuluh pasang calon lainnya yakni Anies-Sandiaga Uno sebesar 17,6 persen, Anies-AHY 10,5 persen, Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil 8,3 persen, dan Prabowo-Puan 5,2 persen.

    Jika dilihat dari elektabilitas orang per orang, Prabowo berada di urutan pertama. Elektabilitasnya 25 persen. Mengalahkan Anies dengan 16,3 persen dan Ganjar 16,1 persen.

    "Tingkat elektabilitas tertinggi Calon Presiden diraih oleh Prabowo Subianto (25 persen) disusul Anies Baswedan (16,3 persen) dan Ganjar Pranowo (16,1 persen). Masih ada 9,3 persen yang belum menentukan pilihan (undecided voters)," tambah Azhar.

    Tingkat popularitas Prabowo sebagai tokoh nasional juga menjadi yang tertinggi, yakni mencapai 93,9 persen. Tokoh lain yang berada di bawah Prabowo yaitu Jusuf Kalla 87,5 persen dan Anies Baswedan 82,8 persen.

    Survei Trust dilakukan sepanjang 3-12 Januari dengan melibatkan 1.200 responden yang dipilih dengan multistage random sampling. Jumlah responden laki-laki dan perempuan 50:50.

    Margin of error sebesar 2,83 persen. Tingkat kepercayaan survei berada di angka 95 persen.

    Pada 27 Desember 2021 lalu, Politica Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI) juga membuat survei dengan simulasi pasangan capres-cawapres.

    Hasilnya, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil (RK) unggul dengan dua paslon popular lain seperti Prabowo Subianto-Puan Maharani, dan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

    Simulasi paslon Ganjar-RK unggul dengan elektabilitas 32,1 persen. Sedangkan, Prabowo-Puan di posisi kedua dengan 25,7 persen, dan Anies-AHY 23,7 persen.

    "Ganjar mampu leading dengan 32,1 persen. Prabowo-Puan 25,7 persen. Dan Anies-AHY 23,7 persen dengan tingkat undecided voters yang 18,5 persen," kata Direktur Eksekutif PRC, Rio Prayogo dalam paparannya, Senin (27/12).

    Sumber: CNN Indonesia

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa