• Breaking News

    Bocoran Menteri Jokowi: AHY, Edhy, hingga Retno Marsudi


              Bocoran Menteri Jokowi: AHY, Edhy, hingga Retno Marsudi
    Istina merilis figura foto Presiden RI periode 2019-2024, Jokowi dan KH. Ma'ruf Amin.
     
    SUMBARRAYA.COM - - - Joko Widodo (Jokowi) akan dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia terpilih periode 2019-2024 pada Minggu, 20 Oktober 2019. Selain kabar pelantikan, masyarakat juga menunggu-nunggu siapa sosok yang akan mengisi kabinet Jokowi-Ma'ruf.

    Nama-nama tokoh mulai dari akademisi hingga polisi pun berseliweran di berbagai lini media. Fenomena itu ternyata turut dicermati oleh Jokowi yang juga merupakan kepala negara periode 2014-2019.

    "Saya membaca beberapa versi "bocoran" menteri kabinet periode 2019-2024 dengan antusias, kalau-kalau itu benar adalah bocoran," tulis Jokowi di akun Twitter resminya @jokowi seperti dikutip CNBC Indonesia, Kamis, 17 Oktober 2019.
     
     "Yang jelas, susunan kabinet sudah rampung. Saya umumkan segera setelah pelantikan Presiden pada 20 Oktober, bisa hari yang sama, atau setelahnya," lanjut mantan wali kota Solo tersebut.
     
    Bicara soal bocoran, terdapat sejumlah nama yang diperkirakan akan mengisi kabinet Jokowi-Ma'ruf. Ada nama-nama lama alias yang mengisi kursi menteri Jokowi pada periode pertama, ada pula nama-nama baru.

    Berikut beberapa di antaranya:

    Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)


    Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono
    Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.
    Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin memberikan sinyal Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono akan menjadi salah satu menteri Jokowi.

    Merespons hal itu, kata Wakil Ketua Umum Partai Demokrat yang juga Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mengaku Partai Demokrat menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi. Hal itu disampaikan Syarief ketika ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, 16 Oktober 2019.

    Lantas posisi apa yang pas untuk AHY? Hasil polling Detik.com melalui program 'Bantu Jokowi Cari Menteri' mencatat AHY sebagai salah satu kandidat menteri pemuda dan olahraga. Ia meraih 21,1% suara dan berada di urutan kedua. 

Posisi teratas ditempati Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Erick Thohir.

    Sementara urutan ketiga hingga keenam berturut-turut adalah legenda bulu tangkis Susy Susanti, politikus PDIP Maruarar Sirait, Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono, dan politikus PKB Abdul Kadir Karding.

    Edhy Prabowo


    Edhy Prabowo, Wakil Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya.
    Edhy Prabowo, Wakil Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya.
    Edhy merupakan Wakil Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya. Nama Edhy masuk dalam kandidat menteri Jokowi sejak lama, tepatnya sejak pertemuan antara Prabowo dengan Jokowi di Stasiun MRT Lebak Bulus, beberapa waktu lalu.

    Menurut sumber CNN Indonesia, Jokowi disebut-sebut berkeinginan menempatkan Edhy sebagai menteri pertanian. Ia dinilai pas mengisi posisi itu lantaran pernah menjabat sebagai petinggi Himpunan Kerukunan Tani Indonesia. Terakhir, Edhy menjabat sebagai ketua Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian.

    Bahkan, masih menurut sumber itu, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sempat heran ketika Jokowi meminta Edhy untuk menjadi menteri. Prabowo bertanya-tanya apa yang Edhy lakukan selama ini.

    "Ed, Ed, kamu ini ada kongkalikong apa? Masa nama kamu disebut Pak Jokowi," ucap dia menirukan Prabowo saat bertanya kepada Edhy.

    Mereka yang bertahan

    Sri Mulyani Indrawati


    Sri Mulyani Indrawati, Profesional. 
    Sri Mulyani Indrawati secara tegas dikatakan Jokowi masih akan dipertahankan sebagai menteri dalam kabinetnya. Hal itu disampaikan Jokowi dalam wawancara khusus dengan Bloomberg, beberapa waktu lalu.

    Kendati demikian, Jokowi tidak menyebutkan secara pasti posisi bagi mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu. Apakah masih sebagai menteri keuangan atau sebagai menteri koordinator bidang perekonomian sebagaimana kabar yang beredar belakangan.

    Luhut Pandjaitan


    Luhut Pandjaitan
    Luhut Binsar Pandjaitan, Politisi Senior Partai Golkar. 
    Dalam Kabinet Kerja, Luhut Pandjaitan pernah mencicipi tiga jabatan. Mulai dari Kepala Kantor Staf Kepresidenan, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan serta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman.

    Salah seorang pejabat yang ada di kalangan Istana Kepresidenan menyebut Luhut masih akan dipertahankan Jokowi. Ini tak lepas dari kerja apik Luhut yang merentang dari urusan kemaritiman hingga investasi.

    Tak ayal, nomenklatur Kemenko Kemaritiman pun akan berubah menjadi Kemenko Kemaritiman dan Investasi. Nantinya, menurut sang sumber, seluruh investasi akan terpusat di bawah Luhut selaku menko kemaritiman dan investasi.

    Retno Marsudi


    Bocoran Menteri Jokowi: AHY, Edhy, hingga Retno Marsudi
    Retno Marsudi, Profesional. 
    Posisi menteri luar negeri kabinet Jokowi-Ma'ruf diproyeksikan masih akan ditempati oleh Retno Lestari Priansari Marsudi. Retno merupakan menteri luar negeri pada Kabinet Kerja I.

    "Bu Retno masih lanjut," ujar sumber CNBC Indonesia ketika ditemui di Jakarta, Rabu, 16 Oktober 2019.

    Sang sumber membisikkan, Retno merupakan menteri dengan sejumlah prestasi. Salah satunya adalah keberhasilan Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa.

    (Source: cnbcindonesia.com)

    No comments

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa