• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Para Pembalap TDS DiJamu Makan Bajamba Di Istano Basa Pagaruyung


    SUMBARRAYA.COM, Tanah Datar - -  -  Pemerintahan Kabupaten Tanah Datar menyuguhkan makan bajamba terhadap para  pembalap Tour de Singkarak (TDS) di atas Istano Basa Pagaruyung. Yang mana makan bajamba adalah tradisi bagi masyarakat minangkabau yang turun temurun sejak dahulunya. Dan hampir seluruh kawasan diminangkabau memakai cara makan bajamba ini.

    Sebelum para pembalap ini menaiki istano basa, mereka diharuskan memakai sarung. Karna dalam adat minangkabau untuk menaiki sebuah instana harus dengan pakaian yang sopan. Seperti laki-laki memakai sarung dan bagi perempuan memakaikan baju kurung ala Minangkabau. Karna bentuk kesakralan didalam istana. Pada tahun 2018 ini bagi Kabupaten Tanah Datar menjadi sangat istimewa. Begitu pula dengan Istano Basa Pagaruyuang, sebelum finish, mereka juga mengitari Kota Batusangkar sebanyak tiga kali. Selain itu, pada TDS 2018, terdapat empat stage yang melewati Kabupaten Tanah Datar, yakni Stage 1, 3, 6, dan 7.
    Khusus Danau Singkarak, terutama pada kawasan Kecamatan Batipuah Selatan, ini merupakan kali kedua dijejaki para pembalap sejak iven ini dilaksanakan 10 tahun silam, yakni pada TdS tahun 2009. Setelah itu, daerah pantai barat Danau Singkarak tersebut sepi dari semaraknya TdS hingga tahun 2018 ini.
     Irdinansyah Tarmizi pun mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kementerian Pariwisata RI dan Gubernur Sumatera Barat yang menerima saran pemerintah Kabupaten Tanah Datar.
    “Terima kasih kami sampaikan kepada Kementerian Pariwisata RI dan Gubernur Sumatera Barat bahwa setiap tahun sebelumnya kita selalu sarankan untuk TdS agak satu atau dua putaran mengitari danau Singakarak, masuk ke Malalo kemudian Saniang Baka dan seterusnya, Alhamdulillah permintaan kita tersebut sudah dikabulkan,” ucap Irdinansyah
    Bupati juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Istano Basa Pagaruyung sebagai lokasi finish dan berharap keberadaan Istano Basa Pagaruyung sebagai ikon pariwisata penting di dunia akan dikenal di tingkat nasional dan internasional.
    #  tim

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa