• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Mengingat Sejarah, Fakultas Ilmu Pendidikan UNP Bakal Kembali Berdiri Di Tanah Datar


    SUMBARRAYA COM, Batusangkar, - - - Mengingat tingginya minat calon mahasiswa masuk ke Universitar Negeri Padang (UNP) membuat kampus ini kian mengembangkan sayap keberbagai wilayah di Provinsi Sumatera Barat.
     
     Salah satunya UNP bakal mendirikan Fakultas Ilmu Pendidikan di Kabupaten Tanah Datar, mengingat cikal bakal berdirinya UNP ini adalah di Tanah Datar, yaitu pada tahun 1954 yang diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Pengajaran RI kala itu Prof. Muhammad Yamin, SH.

    Hal itu dikatakan Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri, Ph.D pada saat peletakan batu pertama pembangunan monumen PTPG di kawasan Bukit Gombak Nagari Baringin Kecamatan Lima Kaum, Jum'at (26/10).

    Menurutnya kenapa dipilih Tanah Datar, dikatakannya, "ini mengingat sejarah bahwa di Tanah Datar Luak Nan Tuo banyak lahir tokoh-tokoh pendidikan dan atas inisiasi Prof. Muhammad Yamin, SH, 64 tahun yang lalu itu diresmikanlah Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG), walau Dia orang Talawi namun keinginannya pendidikan keguruan ini berdiri di Batusangkar," ucapnya.

    "Selain itu salah satu tokoh pendiri PTPG yang sekarang dikenal UNP dan sebelumnya juga pernah bernama Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP) Prof. Zainoeddin St. Keradjaan Dt. Tan Penghulu (1902-1985) juga merupakan putra Tanah Datar." sebut Dia.

    "Dari sejarah Prof. Zainoeddin St. Keradjaan merupakan wakil ketua persiapan pembangunan PTPG (1954) di Batusangkar dan beliau menjadi Dekan PTPG yang pertama (1954-1958). Sejak berdiri hingga saat ini sudah ada 7 rektor UNP," ucapnya.

    "Dirunut dari sejarahnya maka Tanah Datar adalah salah satu bukti sejarah berdirinya UNP yang sekarang, maka sudah sepatutnya itu kita hidupkan kembali, dan keinginan ini sudah lama direncanakan yaitu sejak Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi memberikan orasi ilmiah ketika wisuda mahasiswa UNP setahun yang lalu," sambungnya.

    Ganefri menambahkan jika bupati pun merespon baik rencana ini, dan dia katakan bahwa Bupati Tanah Datar sangat komit dengan pendidikan, ibarat pepatah, kata berjawab, gayung bersambut. Maka dengan itu kita lakukan langkah awal mendirikan monumen PTPG dan saat ini peletakkan batu pertamanya, sebut Dia lagi.

    Pada kesempatan yang sama Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi juga mengakui bahwa keinginan Rektor UNP ini ingin mendirikan kampus di Tanah Datar. Hal ini pun sesuai dengan visi Kabupaten Tanah Datar yang menitik beratkan pada sektor pendidikan, Tanah Datar tidak punya tambang maupun industri yang bisa dikembangkan, sebut Bupati.

    Dia menyampaikan bawa pemkab telah melakukan upaya membantu anak-anak yang lulus di Perguruan Tinggi Negeri di seluruh wilayah Indonesia dengan beasiswa terutama keluarga yang tidak mampu.

    Jika nanti disini ada kampus lagi, maka itu akan semakin baik bagi kita, ibarat batamu rueh jo buku, karena disini pernah ada kampus ilmu keguruan, sudah barang tentu kami sangat mendukung sekali, tukasnya.

    Bupati menjelaskan, dari hasil penjajakannya bahwa benar dikawasan Bukit Gombak ini dahulunya ada kampus pendidikan guru. Sekitar 450 Ha tanah yang diserahkan niniak mamak, kepada PTPG dimasa itu. Seiring perjalanan waktu sekitar tahun 1960 karena tidak ada perkembangan, maka tanah ini sudah dipergunakan untuk kegunaan lain.

    "Sementara ada sekitar 48 Ha yang diserahkan ke Pemerintah Daerah Tanah Datar, dan itu dipergunakan diantaranya untuk SMK, SMA, SMP, Kantor Pramuka, dan juga BLK. Diantara itu ada yang sudah diserahkan ke Pemerintah Provinsi seperti SMA karena ini sesuai dengan peraturan Perundang-undangan," sebutnya.

    "Saat ini masih ada sekitar 1,6 Ha tanah yang bisa dimanfaatkan untuk membangun kampus, setidaknya langkah awal cukup untuk Ilmu Keguruan, sehingga saat momen dies natalis bagi UNP, maka kita sepakati untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan monumen PTPG di lokasi yang dulunya pernah berdiri kampus Pendidikan Guru." katanya.

    Bupati berharap menumen yang dibangun nanti juga bisa dijadikan sebagai destinasi wisata sejarah, sehinga menarik untuk dikunjungi, juga sebagai pengingat bahwa disini pernah ada sebuah kampus yang merupakan cikal berdirinya UNP saat ini.

    Turut hadir pada momen tersebut, Sekretaris Daerah, kepala OPD, Dandim 0307 Tanah Datar, Wakil Rektor, Seluruh Dekan Fakultas UNP, Camat Lima Kaum, Wali Nagari Baringin, Ketua KAN Nagari Baringin, Unsur Niniak Mamak dan undangan lainnya
     
    #     Yt/Irf

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa