• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    SOPD Tanah Datar segera diisi BUPATI : KITA CARI FIGUR YANG MAMPU DAN TEPAT

     Sumbar Raya, (Tanah Datar),- - -Di hadapan rekan-rekan jurnaliis, bupati yang didampingi Asisten Administrasi Umum Azwar R, Kabag Humas Adriyanti Rustam dan Kabid Pengadaan Pegawai Desrizal menjelaskan Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah mengamanatkan kepala daerah harus mengisi Struktur Organisasi Pemerintah Daerah (SOPD) paling lambat 6 bulan setelah keluar PP ini.

    Pemerintah Kabupaten Tanah Datar bersama DPRD, sebut bupati telah menetapkan Perda SOPD pada bulan November yang lalu untuk menjadi rujukan struktur organisasi baru yang harus diisi.

    Menyikapi hal tersebut, pemerintah daerah dalam hal  bupati bersama wakil bupati melakukan beberapa tahapan untuk menempatkan seseorang pada jabatan tertentu.

    Sesuai dengan aturan yang ada, kepala daerah dilarang mengangkat pejabat dalam jangka 6 bulan setelah dilantik, namun sebagai langkah awal saya bersama wakil bupati Zudafri Darma sudah mulai menilai kinerja masing-masing kepala SKPD, jelas Irdinansyah.

    Berikutnya pemerintah daerah telah melakukan uji kompetensi terhadap 132 pejabat eselon II dan III untuk melihat kemampuan, potensi dan kecakapan yang dimiliki, pelaksanaan test dibantu lembaga yang berkompeten di bidang Sumber Daya Manusia.

    Lebih konkritnya, saat ini telah dibentuk Tim Panitia Seleksi yang diketuai Sekda Hardiman dengan anggota di antaranya Asisten Administrasi Umum Azwar Rabain, mantan pamong senior Yohannes Dahlan, Hiptonius dan akademisi DR. Marjohan.

    Bupati Irdinansyah sampaikan tim pansel diminta untuk melakukan fit dan proper tet terhadap peserta yang telah lolos seleksi.

    Disebutkan, 17 jabatan esolon II akan dikukuhkan kembali atau melalui job fit, sedangkan 12 jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dilaksanakan seleksi terbuka di antaranya Sekretaris Dewan, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan, Kepala badan Penganggulangan Bencana Daerah, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan, Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, Kepala Dinas Perhubungan dan Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan LH.

    Tahapan lain yang telah dilaksanakan, melakukan pendalaman terhadap masing-masing seluruh pejabat eselon II yang ada. Kami bersama Wabup Zuldafri Darma telah memanggil satu persatu esolon II untuk wawancara mengenai keseriusan dan kesanggupan memikul amanah eselon II, jelas Irdinansyah lagi.

    Hal lain, kita juga sudah test baca Alquran, alhamdulillah seluruhnya mampu baca Alquran dengan baik. Sebagai Luhak Nan Tuo tidak memberi contoh yang baik jika kepala SKPD tidak bisa baca Alquran,Tambah Irdinansyah.

    Terakhir hari Senin, 19/12 dilaksanakan rapat koordinasi seluruh pejabat eselon II dan III. Usai rapat koordinasi, 134 peserta rapat tidak menyangka langsung diminta mengikuti test urine yang difasilitasi langsung Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Barat. Alhamdulillah saya ikut test dan seluruh eselon II dan III, bebas dari penggunaan narkoba, ungkap bupati.

    Saya bersama Wakil Bupati Zuldafri Darma melakukan tahapan-tahapan ini untuk mendapatkan orang-orang yang tepat dan mampu pada jabatannya, yang akan membantu kami berdua menjalankan roda pemerintahan Kabupaten tanah Datar,tutup Irdinansyah. (Humas-Wn)     

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa