• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    BAZNAS TANAH DATAR DISTRIBUSIKAN ZAKAT Rp. 1 MILYAR

     Sumbar Raya (Tanah Datar)- - -Wakil Bupati Zuldafri Darma secara simbolis menyerahkan zakat produktif sebanyak Rp. 1.056.000.000,- (Satu Milyar Lima Puluh Enam Juta Rupiah) kepada 312 mustahiq se-Kabupaten Tanah Datar melalui dana BAZNAS Tanah Datar di Mesjid Nurul Amin Pagaruyung, Kamis (22/12).

    "Kami selaku kepala daerah meminta dan berharap kepada bapak-bapak dan ibuk-ibuk yang menerima Zakat Produktif ini agar memanfaatkan dengan baik serta dituntut kesungguhan dan ketekunan untuk mengelola bantuan yang akan diserahkan ini nantinya" ujar Wabup.

    "Saya mengucapkan terima kasih banyak atas upaya, program-program dan prestasi BAZNAS Kab. Tanah Datar dalam mengelola zakat untuk disalurkan secara tepat, terarah, terprogram dan berkelanjutan, ke depan kita berharap kesadaran umat semakin tinggi untuk menunaikan salah satu rukun Islam yang mempunyai dampak langsung bagi masyarakat" harap Wabup.

    "Semoga tahun demi tahun ekonomi umat semakin baik,  harapan kita bersama bapak-bapak dan ibuk-ibuk yang menerima zakat produktif ini untuk tahun berikutnya bukan hanya tidak lagi menerima zakat tetapi bisa untuk berzakat, amin ya Rabbal alamin" ucap Wabup lagi.

    Sementara itu kepala Kementrian Agama Tanah Datar yang diwakili oleh Helmi Zuldi menyampaikan pesan singkat agar, para mustahiq dapat untuk menjaga amanah yang akan diberikan ini, serta dapat mempergunakannya dengan tepat.

    Ketua BAZNAS Kab. Tanah Datar Emrizal Dt. Hyang Basa di awal laporannya mengucapkan terima kasih kepada semua warga/umat Islam Tanah Datar yang telah berkewajiban untuk membayar Zakat dan telah menunaikannya serta menyalurkannya kepada BAZNAS Tanah Datar terutama kepada PNS Kab. Tanah Datar yang menjadi pemasok zakat terbesar di Kabupaten ini (90%).

    "Kita juga pantas berbangga tetapi jangan sombong, bahwa Tanah Datar telah menjadi contoh bagi Kab/kota lain bahkan provinsi lain dalam mengelola zakat untuk umat yang berhak dan membutuhkan" ujar ketua BAZNAS.

    "Yang paling membahagiakan kita adalah bahwa BAZNAS Tanah Datar dengan personil 28 orang amil zakat, alhamdulillah tidak mengambil sepeserpun dari dana zakat untuk biaya operasional dan gaji para amil zakat. Kita mengucapkan terima kasih banyak kepada pemerintah daerah karena biaya operasional dan uang saku dibayarkan melalui APBD, sehingga uang zakat bisa dipergunakan secara maksimal" puji kepala BASNAZ.

    E Dt. Hyang Basa melaporkan bahwa jumlah mustahiq pada level 1 tahap 2 ini sebanyak 312 orang dengan perincian, bantuan untuk beternak kambing 108 orang, bebek 35, ayam 1, ikan 1, pertanian 33, industri rumah tangga 8, perbengkelan 5, berdagang 101, usaha sablon 1 dan menjahit 5 orang dengan total dana Rp. 1.056.000.000,-.

    Ketua BAZNAS juga menyampaikan bahwa pada hari ini, bersamaan juga diserahkan bantuan beasiswa kepada 150 orang mahasiswa IAIN Batusangkar dengan total dana Rp.  151.525.000,- dan kepada 10 Mahasiswa STAI Padangpanjang Bawang Kec. Pariangan dengan total dana Rp. 10.500.000,-.
    Jumlah pengumpulan dana BAZNAS Tanah Datar dari Januari-November 2016 berjumlah Rp. 10.334.855.984 (sepuluh milyar tiga ratus tiga puluh empat juta delapan ratus lima puluh lima sembilan ratus delapan puluh empat rupiah) sedangkan jumlah dana yang telah di distribusikan sebanyak Rp. 6.913.154.175,-.

    Dengan berpindah statusnya guru-guru SMA menjadi pegawai provinsi secara otomatis jumlah dana zakat yang masuk ke BAZNAS Tanah Datar akan berkurang, namun kita optimis bahwa akan semakin tingginya keinginan masyarakat Tanah Datar yang mampu dan sudah wajib membayar zakat untuk menyisihkan sebagian hartanya membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan, amin ya Allah. (humas)

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa