• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    PERINGATAN HARI PAHLAWAN MENGANDUNG NILAI DAN PESAN MORAL PATRIOTISME

    Upacara Hari Pahlawan dengan tema "satukan langkah untuk negeri" di Tanah Datar di diperingati dengan upacara yang dipimpin oleh inspektur upacara Bupati Irdinansyah Tarmizi berlangsung khitmad di lapangan Cindua Mato Batusangkar, Kamis (10/11).

    Sumbar Raya ---- Dalam amanatnya Bupati Irdinansyah mengatakan bahwa peringatan hari pahlawan bukan hanya sebatas seremonial belaka, namun di dalamnya terkandung nilai-nilai, pesan moral dan patriotisme.

    Setiap tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan, sebagai momen refleksi untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

    Selanjutnya Bupati menyampaikan dalam peringatan hari pahlawan kita harus mampu menggali upaya. Dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi. “Setiap zaman memiliki tantangannya sendiri, oleh karena itu, setiap zaman harus mengembangkan respon kepahlawanan yang sesuai dengan zamannya” ungkap Irdinansyah.

    Dia menambahkan, walaupun saat ini Indonesia telah merebut kemerdekaanya, namun semangat kepahlawanan tidak cukup hanya dengan mempertahankan patriotisme defensive. Kita butuh patriotisme yang lebih positif dan progresif. Patriotisme sejati bukan sekadar mempertahankan melainkan juga memperbaiki keadaan negeri. Untuk keluar dari berbagai persoalan bangsa hari ini, patriotisme progresif dituntut menghadirkan kemandirian bangsa tanpa terperosok pada sikap anti-asing.

    Dengan suatu tekad dan ketulusan untuk bersama-sama saling bahu-membahu dan dilandasi oleh makna dan nilai integritas, etos kerja dan gotong royong, maka saya yakin kita bangsa Indonesia dapat mengatasi berbagai permasalahan yang melanda, dan dapat menjadi bangsa "Pemenang" mampu bersaing dengan negara dan bangsa lain. hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2016 yaitu: "Satukan Langkah Untuk Negeri".

    Pada kesempatan yang baik ini kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini, ucap Bupati bersemangat.

    Upacara peringatan hari pahlawan yang dilaksanakan di lapangan Cindua Mato Batusangkar ini juga diikuti oleh siswa-siswi SLTP, SLTA, Mahasiswa, PNS serta anggota Polri dan TNI. Juga hadir  Forkopinda Tanah Datar beserta isteri, Perwira TNI/Polri, Pimpinan SKPD di lingkungan Pemda Tanah Datar, anggota Veteran dan Pensiunan TNI/Polri serta undangan lainnya.

    Setelah selesai melaksanakan upacara dan bersilahturahmi dengan para Veteran, kepala daerah bersama unsur Forkopinda langsung menuju Taman Makam Pahlawan Bahagia Batusangkar untuk melaksanakan Ziarah ke makam para Kusuma Bangsa. (rel)

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa