• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Andre Rosiade: Hutama Karya Kerahkan Alat Berat ke Lokasi Terdampak Lahar Dingin Marapi


    Anggota DPR RI asal Sumatra Barat (Sumbar) H Andre Rosiade bertemu dengan Direktur Operasional III PT HK, Koentjoro, Senin (13/5/2024) siang.

    SUMBARRAYA.COM, - - - 

    Anggota DPR RI asal Sumatra Barat (Sumbar) H Andre Rosiade mengatakan, PT Hutama Karya (HK) telah mengerahkan alat berat ke lokasi terdampak banjir bandang akibat lahar dingin Gunung Marapi di Sumbar.

    Untuk membantu evakuasi atau penanganan pascabencana banjir bandang dan longsor yang terjadi Tanah Datar dan Agam. 

    Hal tersebut ia sampaikan usai bertemu dengan Direktur Operasional III PT HK, Koentjoro, Senin (13/5/2024) siang. 

    Andre sengaja mendatangi HK untuk memastikan penurunan alat berat dengan segera.

    "Alhamdulillah, setelah komunikasi kami, Pak Koentjoro dari HK dan juga pihan HKI (Hutama Karya Infrastruktur) sudah mengirimkan alat berat dan juga truk untuk membantu proses evakuasi dan penanganan tanggap darurat dengan bekerjasama dengan Balai Jalan Kementerian PUPR tentunya. Saya mewakili masyarakat Sumbar mengucapkan terima kasih, Pak," kata anggota Komisi VI DPR ini.

    Pada saat terjadi bencana alam, kata Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar itu, dirinya langsung berkomunikasi dengan Koentjoro. 

    “Beliau merespons cepat dengan mengirimkan alat bekerjasama tentu dengan balai jalan Kementerian PUPR. Nah mungkin ekskavatornya tambah lebih banyak lagi pak, terima kasih," katanya.

    Pengerahan alat berat dari PT HK dan HKI itu, difasilitasi Anggota Fraksi Gerindra DPR RI itu sebagai wakil rakyat yang mewakili masyarakat Sumbar. 

    “Kami berkomunikasi dengan mitra yang kami ketahui mempunyai alat berat dan juga dump truk. Mudah-mudahan ini bisa meringankan dan membantu masyarakat, Pemprov Sumbar dan juga Balai Jalan Kementerian PUPR yang lagi bahu membahu untuk menangani tanggap darurat bencana alam," katanya.

    Pada kesempatan yang sama, Direktur Operasional III PT HK Koentjoro mengatakan, pihaknya mengucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya atas terjadinya bencana alam yang ada di Sumbar.

    "Untuk mensupport tersebut, kebetulan Hutama Karya ada pekerjaan tol di Sicincin, Padang Pariaman.Kami siap untuk mensupport penangangan daruratnya seperti yabg disampaikan. Pak Andre. Kami memiliki alat berat yang bisa diperbantukan untuk mendukung penanganan darurat serta antisipasi awal atas kejadian bencana ini," katanya.

    Data terbaru yang berhasil dihimpun, korban meninggal dunia akibat banjir bandang lahar dingin Gunung Marapi di Sumbar mencapai 43 orang.

    Angka ini berdasarkan laporan termutakhir yang diterima oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Senin (13/5/2024) pukul 13.00 WIB.

    Penambahan jumlah korban hari ini setelah tim pencarian dan pertolongan menemukan lima warga warga Kabupaten Tanah Datar dan satu orang warga Padang Pariaman dalam keadaan meninggal dunia. 

    Dari enam jenazah yang ditemukan pada hari ini, empat diantaranya masih dalam proses identifikasi.

    Rincinya, jumlah terbaru korban meninggal dunia di Kabupaten Agam 19 orang, Tanah Datar 14 orang, Padang Pariaman 8 orang, dan KotabPadang Panjang dua orang. Sementara itu, korban dalam pencarian sebanyak 15 orang.

    Kejadian ini juga memaksa warga untuk mengevakuasi diri dan mengungsi ke tempat yang lebih aman. 

    Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB mencatat jumlah pengungsi di Kabupaten Agam sebanyak 1.159 jiwa dan di Kabupaten Tanah Datar sebanyak 2.039 jiwa.

    Tim gabungan yang terdiri dari BPBD Kabupaten Tanah Datar bersama dengan Basarnas, TNI, Polri, dan relawan terus melakukan penanganan darurat di lokasi terdampak. 

    (*)

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa