• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Mengerikan, Gunung Marapi Sumbar Kembali Erupsi Hebat


    SUMBARRAYA.COM, - - —

    Diam tenang sejak Februari lalu, Gunung Marapi Sumbar kembali mengalami erupsi sekira pukul 15.00 WIB pada Minggu (3/12/2023).

    Gumpalan material piroklastik yang disemburkan disertai bunyi gemuruh seperti longsor, membuat panik masyarakat yang bermukim di sekitar kaki gunung berketinggian 2.891 mdpl itu.

    Salah seorang anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kotobaru, Hendra Guciano mengatakan saat itu tercatat pendaki dari jalur Batupalano sebanyak 52 orang dan 10 orang lainnya via Kotobaru.

    “Diperkirakan posisi pendaki berada di titik shelter 3. Mudah-mudahan tidak ada pendaki yang terkena dampak, karena melihat semburan mengarah ke sisi berbeda,” ujar Hendra melalui selularnya.

    Sementara di tempat terpisah, Dude yang berdomisili Cingkariang menyampaikan sempat terjadi hujan debu kerikil menghujani atap rumah warga.

    “Masyarakat tidak hanya panik, juga ketakutan karena tidak mungkin keluar rumah dalam situasi dari atap rumah terdengar seperti dihujani kerikil,” tutur Dude yang sempat mengabadikan tebalnya material piroklastik di lereng gunung itu.

    Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) membenarkan terjadinya peristiwa erupsi Gunung Marapi pada pukul 14.53 WIB. Namun hingga berita ini diturunkan, disebutkan ketinggian kolom belum dapat diketahui.

    “Sementara ini belum bisa dipastikan berapa ketinggian kolom karena tertutup kabut. Namun untuk radius aman Gunung Api aktif tersebut berkisar di tiga kilometer dengan status kategori Waspada II,” jawab Ahmad Rifandi. 

    (ava/gjg)

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa