• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Disetujui Megawati, Disukai Jokowi dan Diamini Lembaga Survei, Sosok Menteri Ini Disebut Cawapres Ganjar


    SUMBARRAYA.COM, - - - 

    Pengamat politik Hendri Satrio atau akrab disapa Hensat mengungkapkan cawapres dari bakal capres Ganjar Pranowo yang disetujui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri hingga lembaga survei.

    Sosok cawapres Ganjar Pranowo tersebut menurut Hensat adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang dianggap menjadi penyebab tingginya kepuasan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

    "Hhmm, Cawapres Ganjar nampaknya hampir Final, disetujui Bu Mega, disukai Pak Jokowi dan diamini banyak lembaga Survei sebagai tokoh penyebab kepuasan publik Pak Jokowi tinggi meroket. Sang Drummer, Menteri PUPR, Basuki Hadi Muljono," ungkapnya.

    Lebih lanjut, Hensat pun bertanya tentang kebenaran analisanya kepada politikus PSI Faldo Maldini. "Bener gak ni @FaldoMaldini?" ucapnya dikutip dari akun X pribadinya, Selasa (26/9).

    Sementara itu, berdasarkan hasil survei Lembaga Indo Riset di beberapa daerah, hasilnya elektabilitas Ganjar Pranowo mengalami penurunan di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

    Berbeda dengan Ganjar, dalam survei yang dilakukan pada 11-18 September 2023 itu, Anies Baswedan mengalami kenaikan efek dari Cak Imin dideklarasikan NasDem dan PKB sebagai cawapres.

    Peneliti Indo Riset Roki Arbi mengatakan Anies mengalami kenaikan elektabilitas di Jateng dan Yogyakarta dari 8,3 persen menjadi 14,4 persen, selain itu kenaikan juga terjadi di Jatim, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Gorontalo.

    "Efek dari deklarasi pasangan cawapres Muhaimin Iskandar dan bergabugnnya PKB ke Koalisi, terjadi kenaikan dukungan pemilih di Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah-DIY pada Anies Baswedan dibandingkan survei bulan lalu, sumbangan yang terbesar didapatkan dari kenaikan elektabilitas di Jawa Timur," kata Roki dalam paparannya, di Rumah Wijaya, Jakarta Selatan, Senin (25/9/2023).

    Sedangkan di Jateng dan Yogyakarta, elektabilitas Ganjar mengalami penuruan dari 70,0 persen menjadi 65,6 persen. Selain itu bakal capres PDIP juga mengalami penurunan di Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Gorontalo.

    “Stagnasi juga dapat dianalisis dari kesulitan PDIP mencari cawapres," ucap dia.

    Sumber: Fajar.co.id

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa