• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    NasDem Sebut Surya Paloh akan Bertemu dengan Luhut dan Jokowi, Ini Agendanya


    SUMBARRAYA.COM, - - - 

    Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto mengatakan Ketua Umum Surya Paloh dalam waktu dekat akan bersua dengan Presiden Joko Widodo alias Jokowi serta Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

    Tujuannya, kata Sugeng, untuk bertukar pikiran serta meluruskan pandangan maupun komitmen jelang Pemilihan Presiden 2024.

    “Mereka berkomitmen untuk bertemu bertiga. Berkomitmen apa? Ini lepaskanlah ego masing-masing dengan preferensi atau referensi calon kandidatnya masing-masing. Lepaskan itu,” kata Sugeng di Sekretariat Perubahan, Jakarta Selatan, Jumat, 6 Mei 2023.

    Adapun pernyataan Sugeng merujuk pada momen Jokowi mengundang para Ketua Umum partai pendukung pemerintah di Istana Negara pada Selasa malam, 2 Mei 2023 lalu. NasDem jadi satu-satunya parpol pendukung Jokowi yang tidak diundang.

    Surya Paloh pada Jumat, 5 Mei 2023 bertemu dengan Luhut di Wisma Nusantara.

    Sugeng, yang hadir dalam pertemuan itu bercerita, Surya menyampaikan ke Luhut bahwa momen yang belakangan ini terjadi sedianya kurang sehat.

    Musababnya, Sugeng melanjutkan, Jokowi sebagai kepala pemerintahan sekaligus kepala negara hendaknya memposisikan diri sebagai negarawan. 

    Endorsement alias dukungan kepada sosok tertentu sebagai capres disebut Sugeng juga tidak etis dilakukan seorang Presiden.

    “Intinya bagaimana meng-endorse satu per satu itu menurut hemat kita tidak bagus. Dalam konteks cawe-cawe lah kalau bahasa umumnya,” kata dia.

    Adapun Luhut disebut Sugeng menyerap aspirasi Surya tersebut. 

    Dia menyebut Surya menyampaikan ke Luhut bahwa sedianya NasDem sayang dengan Jokowi dan republik ini. 

    Surya berharap Jokowi bisa menjaga netralitas jelang Pemilihan Presiden 2024.

     “Jadi itu tadi yang disampaikan (Surya). Bahwa kita semua sayang sama Pak Jokowi, sayang republik ini,” kata Sugeng.

    Sebelumnya, Surya mengaku memahami sikap Jokowi yang tidak mengundang partainya dalam pertemuan para Ketum partai pendukung pemerintah.

    Barangkali, kata dia, Jokowi untuk sementara ini tidak menganggap NasDem bagian dari koalisi pemerintah. 

    Namun, ia menegaskan NasDem bakal tetap melanjutkan komitmennya bersama Jokowi-Ma’ruf.

    “Saya bisa pahami positioning beliau. Barangkali sebagai pemimpin koalisi partai pemerintahan, beliau tidak menganggap lagi NasDem ini di dalam koalisi pemerintahan untuk sementara,” kata Surya usai bersua dengan Luhut, Jumat, 5 Mei 2023.

    Sementara itu, Luhut mengatakan perbedaan dalam hal apapun, termasuk pilihan politik, sudah jadi hal wajar.

    Kendati demikian, ia berharap di tengah perbedaan itu, perkawanan tetap terjalin.

    “Kalau ada perbedaan sana-sini saya kira biasa. Tapi perkawanan ya tetap saja jalan. Jadi kalau ada perbedaan-perbedaan yang kalian lihat di luar, saya kira tidak ada yang tajam. Semua berpikir yang terbaik untuk RI,” kata Luhut.

    Sumber: Tempo.co

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa