• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Ketua LKAAM Fauzi Bahar Berikan Gelar Adat Kepada Menteri PDTT Abdul Halim Iskandar


    SUMBARRAYA.COM, - - -

    Ketua LKAAM Provinsi Sumatera Dr. Fauzi Bahar, M.Si Datuk Nan Sati berikan gelar adat pada Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar dengan gelaradat Sultan Khalifah pada saat Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri, Ph. D Sabtu 20/5 diangkat atau dilewakan jadi pangulu Suku Banuhampu Nagari VII Koto Talago Kabupaten Lima Puluh Kota. Gala yang dilewakan adalah Datuk Djunjungan Nan Bagadiang.

    Diangkatnya Prof. Ganefri sebagai Pengulu menggantikan mamak beliau Almarhum Prof. dr. Dr. Kamardi Thalut  seorang guru besar dan dokter ahli bedah di Universitas Andalas Padang, dengan  Wakil Gubernur Sumbar, Kapolda Sumbar, Danrem, Ketua DPRD Sumbar, Bupati Lima Puluh Kota, Tanah Datar, Wako Payakumbuh, Walikota Padang,  Ketua LKAAM Sumbar dan Unsur Pimpinan UNP serta tamu undangan lainnya, termasuk rombongam dari Malaysia dan mewakili beberapa kepala daerah dan pimpinan PTN/ PTS. Diperkirakan hadir lebih kurang 5000 undangan baik nasional dan internasional pada acara adat ini.

    Pada prosesi pagi hari, setelah diarak dari rumah orang tua beliau menuju Rumah Gadang Suku Banuhampu, dilakukan acara prosesi pamuntiangan/ malewaakan oleh Suku Banuhampu, seperti pepatah petitih antar ninik mamak, pengucapan sumpah oleh Datuk Djunjungan Nan Bagadiang dan juga pemberian gelar adat pada Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar dengan gelar adat Sultan Khalifah.

    Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKKAM) Sumbar Dr. Fauzi Bahar, M.Si Datuk Nan Sati mengatakan "Batagak pengulu merupakan wujud budaya Minangkabau yang tak lakang dek paneh tak lapuak dek hujan, juga sebagai wujud demokrasi dalam suatu kaum, marilah kita jaga integrasi dan menghindari persengketaan tanah melalui sertifikat tanah komunal, dan kita berharap terus membina anak kemenakan kita" ujar mantan Wako Padang ini.

    Sementara itu Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldi dalam sambutan mengatakan " diangkatnya Prof. Ganefri sebagai pengulu merupakan sangat urgen mengingat beliau adalah salah seorang tokoh pendidikan, tokoh masyarakat Sumbar yang banyak berkiprah untuk pendidilkan nasional, kita bangga dengan bangga kiprah beliau untuk Sumbar khususnya.

    Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar ketika  memberikan sambutannya mengatakan " kita belajar dari Nagari di Minangkabau untuk kebijakan di Kemendes dalam konsep pembangunan Desa bermuatan kearifan lokal, saya secara pribadi sangat bangga dan mengucapka. selamat atas upacara pemberian gelar ini dan berterimakasih atas pemberian gelar Sultan Khalifah pada kami" tegas Menteri yang merupakan tokoh NU ini. 

    Prof. Ganefri, Ph.D Datuk Djunjungan Nan Bagadiang mengatakan " ucapan terimakasihnya atas kehadiran para tamu dalam dan luar negeri dan semua panitia dari kaum Banuhampu, ninik mamak serta pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, camat dan pemerintah nagari  yang telah mensukseskan prosesi ini, sehingga berjalan lancar" kata Rektor UNP yang juga Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia ini.

    Pada kegiatan siangnya dilakukan prosesi mengantar Pangulu dari Simpang Bakia ke Balairung Adat VII Koto Talago dengan iringan tambua dan talelmpong Tim Kesenian Departemen Seni, Tari dan Musik Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP.  Di Balairung adat dilakukan prosesi upacara 'pati ambalau' semacam pengukuhan di hadapan ninik mamak Nagari VII Koto Talago Kecamatan Guguk Kabupaten Limapuluh Kota.

    (Rel)

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa