• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Tak Main-main, Polisi Ancam ‘Tinggalkan’ KPK, Tindakan Firli Dianggap Ciderai Muruah Polri


    SUMBARRAYA.COM, - - - 

    Sejumlah anggota Polri dalam status pegawai negeri yang dipekerjakan (PNYD) meminta dikembalikan ke institusi asalnya atau hengkang dari Komisi Pemberantasan Korupsi.

    Permintaan ini timbul setelah Brigadir Jenderal Pol Endar Priantoro dicopot dari jabatan Direktur Penyelidikan KPK.

    Mereka pun mengaku siap dikembalikan bila Ketua KPK Firli Bahuri masih tetap memaksakan pencopotan tersebut.

    Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo enggan berkomentar panjang lebar terkait adanya desakan dari anggotanya yang bertugas di KPK tersebut. 

    Ia hanya menegaskan akan taat terhadap aturan yang berlaku.

    "Ya saya kira aturan-aturannya kan sudah ada. Aturan di KPK dan aturan di kepolisian sudah ada. Tentunya kita taat asas dengan aturan itu," kata Listyo di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (5/4/2023).

    Diberitakan sebelumnya, desakan dari PNYD Polri terhadap KPK ini disampaikan lewat surat terbuka. 

    Dalam surat tersebut menekankan menghormati keputusan apapun yang diambil Polri dan KPK selagi seusia dengan norma, aturan, dan tidak ditumpangi oleh kepentingan golongan.

    Di samping itu, mereka juga meminta KPK dapat memperhatikan dampak moral atau psikologis pegawainya yang berasal dari kementerian atau lembaga dalam mengambil suatu kebijakan. 

    Khususnya dalam penugasan personil pada tingkat eselon II.

    "Ini dikarenakan sejatinya PNYD bukan hanya perorangan namun juga merupakan representasi dari lembaga asal," tulisnya.

    Lebih lanjut, dalam surat terbuka tersebut mereka jua meminta Polri dan KPK menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik. 

    Hal ini dijelaskannya sebagaimana diatur dalam Pasal 5 PP Nomor 103 Tahun 2012 Nomor (6), Pasal 5 PP Nomor 103 Tahun 2012 Nomor (7).

    "Apabila Pimpinan KPK tetap memaksa pemberhentian tersebut, maka kami siap dikembalikan ke institusi asal karena kami melihat perlakuan terhadap pejabat eselon ll dan komunikasi antar lembaga yang buruk sehingga berpotensi menciderai marwah lembaga/institusi asal kami," tegasnya.

    Sumber: Fajar.co.id

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa