• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Survei LSI: Ganjar Nyungsep, Erick Beranjak Naik


    SUMBARRAYA.COM, - - - 

    Dibandingkan tokoh-tokoh lainnya, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turun drastis sejak dua bulan terakhir. 

    Berbanding terbalik dengan Menteri BUMN Erick Thohir yang elektabilitasnya beranjak naik dalam survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI).

    Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan mengatakan, pihaknya melakukan survei terhadap pilihan presiden dengan simulasi 19 nama. 

    Tiga tokoh teratas adalah Ganjar Pranowo di angka 19,8 persen; Prabowo Subianto (19,3 persen); dan Anies Baswedan (18,4 persen).

    Selanjutnya ada nama Ridwan Kamil (5,8 persen), Sandiaga Salahuddin Uno (2,9 perse), Gibran Rakabuming Raka (2,7 persen), Mahfud MD (2,3 persen), Erick Thohir (2,1 persen), dan Agus Harimurti Yudhoyono (2 persen).

    Sedangkan sisanya berada di bawah 2 persen. Yaitu Puan Maharani, Airlangga Hartarto, Gatot Nurmantyo, Tri Rismaharini, Maruf Amin, Khofifah Indar Parawansa, Muhaimin Iskandar, Budi Gunawan, Bambang Soesatyo, dan Tito Karnavian.

    "Kalau kita lihat tren, yang menarik adalah tren penurunan yang cukup signifikan dari Ganjar Pranowo. Sementara Prabowo dan Anies cenderung kalau enggak mengalami penguatan itu cenderung stabil, kalau dibandingkan selama hampir setahun terakhir berdasarkan survei telepon," ujar Djayadi saat memaparkan hasil surveinya melalui virtual, Minggu (9/4).

    Di tiga teratas, Ganjar terlihat mengalami penurunan sangat drastis sejak dua bulan terakhir. 

    Pada Februari 2023, Ganjar berada di angka 27,1. Namun melorot menjadi 19,8 pada April 2023.

    Sedangkan Prabowo dan Anies mengalami kenaikan.

    Februari 2023, Prabowo di angka 17,9; Anies di angka 17,2. 

    Sedangkan pada April 2023, Prabowo di angka 19,3 dan Anies di angka 18,4.

    Sementara untuk nama-nama lainnya, seperti Erick Thohir, terlihat beranjak naik. 

    Pada Juli 2022 Erick di angka 1,1 dan turun pada Oktober 2022 menjadi 1,0. 

    Lalu pada Januari 2023 di angka 1,3 dan terus naik pada Februari 2023 di angka 1,8. Dan pada April 2023 sudah mencapai angka 2,1.

    "Dan yang cukup tajam selama dua bulan terakhir adalah penurunan Ganjar Pranowo," pungkas Djayadi.

    Survei LSI berjudul "Kepercayaan Publik Terhadap Lembaga Penegakan Hukum, Isu Piala Dunia U-20, Aliran Dana Tak Wajar di Kemenkeu, Dugaan Korupsi BTS, dan Peta Politik Terkini" dilakukan pada 31 Maret hingga 4 April 2023.

    Survei ini menggunakan metode random digit dialing (RDD) dengan melibatkan 1.229 responden. 

    Memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen.

    Sumber: RMOL

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa