• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Soal Koalisi Besar, Jokowi Dinilai Mau Gertak PDIP agar Ganjar Diusung


     SUMBARRAYA.COM, - - - 

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan untuk menyatukan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) menjadi koalisi besar di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

    Pengamat politik Pangi Syarwi menilai Presiden Jokowi ingin memberikan ancaman apabila PDIP enggan mengusung Ganjar Pranowo dalam Pemilu 2024.

    "Beliau (Jokowi) seperti menjadi king maker, mendesain sebagai arsitek atau punya kemampuan untuk membangun koalisi besar," kata Pangi dalam siaran YouTube MNC Trijaya, Sabtu (8/4/2023).

    "Nah mungkin bisa saja gertak sambal ke PDIP kalau Ganjar nggak pakai PDIP, 'saya pakai inilah sudah disiapkan'," ungkapnya.

    Langkah itu disebut Pangi, telah membuat Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri geleng-geleng kepala melihat sepak terjang Presiden Jokowi. 

    Terlebih Jokowi seolah king maker dalam proses persiapan Pemilu 2024.

    "Seolah Bu Mega geleng-geleng nih orang ternyata dia di ujung kepengurusan dia sebelum lengser masih meng-endorse," kata Pangi.

    Menurut Direktur Eksekutif Voxpol Center tersebut, kemampuan Jokowi menjadi 'arsitek' dalam menyusun peta kompetisi Pemilu merupakan hal yang jarang bagi seorang presiden.

    Khususnya yang sudah menjabat selama dua periode.

    "Pak Jokowi ini lucunya, salutnya saya, biasanya kan orang bilang itu kutukan periode kedua, biasanya presiden itu kalau sudah periode kedua itu ditinggal gitu, sudah nggak dianggap," katanya.

    Sumber: kontenjatim

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa