• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Nurul Arifin: Masih Sakti, Lame Duck Tidak Berlaku untuk Jokowi


    SUMBARRAYA.COM, - - - 

    Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Nurul Arifin menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga kini masih sakti. 

    Nurul menilai kesaktian Jokowi itu membuat istilah 'bebek lumpuh' yang sempat diutarakan politikus Partai Demokrat, Andi Arief, tidak berlaku untuk Jokowi.

    "Pak Jokowi itu menurut saya masih sangat sakti, lame duck (bebek lumpuh) istilah itu tidak berlaku buat Pak Jokowi," kata Nurul dalam Adu Perspektif dengan tajuk 'Jokowi Masih Sakti?' program kerja sama detikcom dan Total Politik, Selasa (11/4/2023).

    Nurul mengatakan popularitas dan kecintaan publik terhadap Jokowi tidak memudar hingga kini. 

    Dia mengakui Jokowi betul-betul sakti karena bisa mengumpulkan para ketua umum partai politik yang bisa berjalan bersama-sama dengan Jokowi.

    "Sampai hari ini beliau tidak memudar ya popularitasnya dan kecintaan publik itu kepada beliau gitu ya dan kemudian juga saktinya bisa ngumpulin partai politik dan kemudian ketum partai pun bisa berkumpul di bawahnya bersama-sama dengan Pak Jokowi itu," ucapnya.

    Sebelumnya, Andi Arief menyoroti acara relawan Nusantara Bersatu di GBK, Sabtu (16/11) yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

    Andi Arief menyebut pengerahan massa seperti itu pertanda posisi Jokowi kini melemah di mata partai-partai politik.

    "Ya kemarin pengerahan massa oleh Pak Jokowi itu menunjukkan Jokowi sebetulnya sedang dalam posisi melemah di mata para parpol," kata Andi Arief saat dihubungi, Minggu (27/11)

    Andi Arief menyebut Jokowi tengah berupaya menguatkan posisinya kembali dengan menggelar acara-acara relawan. 

    Dia juga menyebut pasti ada pelibatan logistik dan sumber daya di balik pengerahan massa tersebut. 

    Namun demikian, Andi Arief menganggap cara-cara tersebut biasa dalam berpolitik.

    Dia memandang Jokowi tengah memasuki fase bebek lumpuh. 

    Sebagai informasi, dalam istilah politik, lame duck atau bebek lumpuh biasanya fase yang terjadi pada pemimpin di pengujung masa kepemimpinannya.

    "Tapi secara umum itu Jokowi bisa dibaca sedang memasuki fase lame duck (bebek lumpuh), dalam politik biasa itu, mencoba untuk menguatkan diri dengan cara-cara itu," ujarnya.

    Sumber: detikcom

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa