• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Prediksi dari Ciri-ciri yang Dibilang JK, Pengamat Sebut HRS Cocok Jadi Cawapres Anies


    SUMBARRAYA.COM, - - - 

    Pengamat Politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Ali Armunanto menilai figur yang disodorkan Jusuf Kalla kepada Anies Baswedan memang masih menjadi misteri yang tidak mudah dipecahkan siapa sosoknya.

    "Tapi kalau dilihat dari latar belakang JK dengan sosok pengusaha, juga menjadi pengurus organisasi Islam, orang Partai, dan yang terpenting lagi orang Indonesia Timur. Tentu ini akan berada dalam lingkup ini, justru mungkin JK akan lebih bermain di dua rana," ujar Ali, Selasa (28/3/2023).

    Untuk representasi tokoh, Ali menyebut dua kategori. Representasi tokoh Indonesia timur, ataupun juga tokoh muslim. Meskipun menurutnya ketokohannya tidak sekuat tokoh Ulama di Jawa.

    "Tapi dia punya kemampuan atau kepemimpinan organisasional. Setidaknya, rekam jejaknya dalam organisasi Islam juga cukup bagus," lanjutnya.

    Dikatakan Ali, selain rekam jejaknya yang bagus, sosok tersebut mempunyai latar belakang politik yang bersih dan bisa diandalkan.

    "Nah kalau merujuk ke situ kan kemungkinan memang yang kepikiran mungkin hanya pak Syahrul Yasin Limpo (SYL)," ucapnya.

    Terlebih jika penekanan JK lebih ke Indonesia Timur. Maka nama yang disodorkan kemungkinan Menteri Pertanian Indonesia saat ini, SYL.

    "Kalau penekanannya lebih ke Indonesia Timur, tentu pak SYL karena pada satu lingkaran itu adalah SYL," katanya.

    Namun, Ali mengaku belum bisa memperjelas hal tersebut. Oleh karena kedekatan-kedekatan JK dengan tokoh dari Jawa lainnya yang belum diketahui.

    "Kita tahu juga, JK dekat juga dengan tokoh-tokoh pergerakan Islam seperti Habib Rizieq dan yang lainnya. Bisa jadi mungkin juga Habib Rizieq yang didorong," beber Ali.

    Sementara untuk nama lain, seperti Nurdin Halid dan Andi Amran Sulaiman dia melihat hal tersebut tidak mungkin terjadi. 

    "Saya rasa tidak mungkin, mengingat sejarah antara mereka dengan JK dan relasinya saat ini," kuncinya.

    Sumber: Kontenjatim

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa