• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Pertemuan Surya Paloh-Airlangga Hartarto, Bikin Ciut Rencana Reshuffle Kabinet

     


    SUMBARRAYA.COM, - - - 

    Pengamat politik Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta, Bambang Arianto, menilai bahwa pertemuan Surya Paloh dan Airlangga Hartarto sangat menentukan rencana reshuffle kabinet berlanjut atau tidak.

    “Pasalnya beberapa hari terakhir beredar wacana akan ada reshuffle kabinet Indonesia Indonesia Maju pada Rabu Pon (1 Februari 2023). Tapi faktanya, justru rencana reshuffle kabinet semakin ciut, karena partai-partai yang akan terdepak sudah membangun konsolidasi,” ungkapnya melalui keterangan tertulis kepada Bentengsumbar.com, Kamis, 2 Februari 2023.

    Menurutnya, pertemuan kedua tokoh elite partai politik tersebut ingin memberikan sinyal bahwa Nasdem dan Golkar punya bargaining politik dan bukan partai kemarin sore. 

    "Artinya bila kemudian Menteri dari salah satu partai politik ini didepak dari kabinet tentu akan berdampak buruk bagi jalannya pemerintahan Jokowi," terangnya.

    “Tentu partai yang didepak akan membangun barisan oposisi, dan itu akan berdampak buruk bagi jalannya pemerintahan Jokowi terutama di akhir periode kepemimpinan," katanya.

    Apalagi, kata Bambang, tren saat ini justru publik akan memberikan simpati dan dukungan terhadap partai politik yang berani berada dibarisan oposisi.

    “Gerbong politik istana harus cermat mengkalkulasi ketika ingin melakukan reshuffle kabinet," cakapnya.

    Sebab dinamika jelang pemilu 2024 sangat lumrah bila banyak Menteri dari partai politik justru sibuk membangun koalisi, karena itukan menyangkut masa depan partai mereka masing-masing.

    “Jangan sampai nantinya dukungan rakyat malah berbalik kepada partai politik yang didepak dari Kabinet," ujarnya. 

    Apalagi publik juga paham bahwa bagaimanapun partai Nasdem dan Golkar telah banyak berkontribusi bagi pencapaian Kabinet Indonesia Maju hingga saat ini. 

    (*)

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa