• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Hasto Ungkap PDIP Akan Kerja Sama dengan Koalisi yang Belum Usung Capres

     


    SUMBARRAYA.COM, - - - 

    Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto merespons terkait pernyataan anggota DPR Fraksi PDIP Masinton Pasaribu yang meminta maaf kalau partainya berkoalisi dengan 'Koalisi Perubahan' yang hendak dibesut NasDem, PKS, dan Demokrat. 

    Hasto menyebut PDIP akan buka peluang kerja sama dengan koalisi yang belum tetapkan capres. Awalnya Hasto merespons pernyataan Masinton. 

    Dia mengatakan persoalan kerja sama partai merupakan kewenangan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

    "Seluruh kebijakan strategis partai kan berada di tangan DPP PDIP yang dipimpin oleh Ibu Megawati Soekarnoputri, sehingga direction terkait kerja sama partai politik itu nanti dari Ibu Megawati Soekarnoputri," kata Hasto kepada wartawan di alun-alun Lebak, Banten, Minggu (19/2/2023).

    Hasto lalu menjawab terkait peluang koalisi dengan partai-partai pengusung Anies Baswedan. 

    Dia mengatakan PDIP berkomitmen kerja sama dengan partai-partai pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin.

    "Ya kalau kerja sama kan PDI Perjuangan terus sampai saat ini pun kami commited dengan kerja sama yang telah dibangun di dalam kerja sama Pak Jokowi dan K.H Ma'ruf Amin, ini kan tinggal dilanjutkan di dalam kerja sama," ucapnya.

    Namun demikian, Hasto menyebut kerja sama itu mungkin hanya dengan koalisi yang belum menentukan capres dan cawapres

    "Selama calon presiden dan calon wakil presiden pada akhirnya bisa dikerucutkan, ketika di dalam kerja sama sudah ada yang mendahului menetapkan calon presiden itu kedaulatan dari partai tersebut, tapi partai yang belum menetapkan calon presiden dialog akan terus dilakukan," ujarnya.

    Untuk diketahui, Masinton sempat berbicara terkait langkah politik PDIP saat ini jelang Pemilu 2024. 

    Masinton menyebut PDIP bisa bersama dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya dan KIB, tapi tidak dengan Koalisi Perubahan.

    Masinton mengatakan penjajakan-penjajakan dengan partai politik lain itu dewasa ini penting untuk dilakukan.

    Karena itulah, menurut Masinton, PDIP bisa bekerja sama dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya dan juga dengan Koalisi Indonesia Bersatu, tapi tidak dengan Koalisi Perubahan.

    "Maka penjajakan-penjajakan itu penting, kita bukan orang dulu baru ngumpul-ngumpulin tadi, kita menjajaki kerja sama dulu, artinya kita bisa dengan teman-teman di Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya, bisa dengan teman-teman Koalisi Indonesia Bersatu, tapi kalau dengan Koalisi Perubahan kayaknya mohon maaf, Bang," ujar Masinton dalam diskusi di gedung DPR, Kompleks Parlemen, Kamis (16/2).

    Sumber: detikcom 

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa