• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    PENAMPILAN SILEK GALOMBANG TRADISI MINANGKABAU OLEH KKN UNIVERSITAS ANDALAS DI NAGARI SULIKI


    SUMBARRAYA.COM, - - -

    Pada tanggal 26 Agustus mahasiswa KKN melakukan perpisahan dengan warga Suliki dan bapak wali nagari. Kami melakukan perpisahan dengan melakukan tarian silek galombang yang berasal dari Minangkabau dengan latihan H-1 untuk acara penyambutan untuk acara perpisahan di Nagari Suliki. Tari Galombang merupakan salah satu tarian Minangkabau yang hampir dimiliki oleh setiap Nagari. 


    Tari Galombang ini di fungsikan untuk menyambut tamu yang dihormati namun dalam prakteknya tarian ini lebih banyak muncul dalam upacara pernikahan Minang di sajikan untuk menyambut mempelai saat di arak di pelaminan, Gerakan silek yang digunakan sebagai asas tari gelombang terlihat pada bagian kaki dan tangan atau biasa disebut dengan kudo-kudo, gelek, siku-siku. Gerakan silek yang ditarikan oleh penari laki-laki dengan lantai 2 baris memanjang kebelakang sehingga menghasilkan tarian indah. Keindahannya terlihat jelas apabila semua penari bergerak tinggi lalu merendah sambil maju mundur secara perlahan seperti gelombang air laut.

    Tarian Silek Galombang juga dilengkapi carano tiga orang dan yang ditengah untuk memegang carano untuk penyambutan tamu. 

    Tarian ini sangat menarik untuk dilestarikan oleh masyarakat Minangkabau. Tarian Silek Galombang ini menjadi program sangat menarik yang di bawa oleh mahasiswa KKN Nagari Suliki Universitas Andalas. Tari Silek Galombang ini sangat apresiasi dengan penampilan oleh mahasiswa KKN Nagari Suliki. Berbagai acara untuk perpisahan dengan warga Nagari Suliki selain tarian juga melakukan permainan dengan mendapatkan dorprice untuk menghibur ibuk-ibuk anak-anak yang ada Nagari Suliki. Kegiatan ini sangat menarik oleh mahasiswa KKN dalam mengembangkan karya dan motivasi untuk KKN selanjutnya. Ucapan terima kasih sebesarnya karena telah menerima dan menyaksikan KKN Universitas Andalas yang diterima oleh masyarakat Suliki bahkan bapak wali nagari juga mengucapkan terima kasih terhadap mahasiswa KKN Universitas Andalas yang sangat bermanfaat dan ide yang bagus dalam kegiatan silek galombang.

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa