• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Mencuat Kabar RK Bakal Gabung Golkar, NasDem Ungkit Komitmen Moral

     


    SUMBARRAYA.COM, - - -

    Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil disebut bakal mengumumkan masuk partai politik (parpol) pada Desember 2022. Partai NasDem mengaku tak masalah dengan rencana Kang Emil tersebut.

    "Tentu itu hak setiap warga negara bergabung (parpol) atau tidak," kata Ketua DPP NasDem Willy Aditya kepada wartawan, Rabu (28/9/2022).

    Meskipun tak masalah, Willy mengungkit tiga komitmen NasDem dengan Ridwan Kamil saat pencalonan sebagai Gubernur Jawa Barat. Apa tiga komitmen tersebut?

    "Pertama adalah menjaga Jawa Barat sebagai benteng NKRI, kedua memenangkan Pak Jokowi sebagai calon presiden Partai NasDem, ketiga tidak menjadi anggota parpol manapun. Kalau itu dianggap mungkin sudah tidak relevan itu ya hak yang bersangkutan," ucapnya.

    Willy menyebut bahwa rencana Ridwan Kamil bergabung ke parpol itu tidak melanggar Undang-Undang. Tapi, Willy menyinggung soal moral jika Ridwan Kamil mengingkari komitmennya bersama NasDem.

    "Dalam hidup ini ada 2 hal, Undang-Undang itu komitmen tertulis, konsensus yang tertulis. Ada moral obligation, moral konsensus yang kemudian tertuang dalam beberapa kesepakatan itu yang kemudian tidak bisa dihapus jejak digital ya," ujarnya.

    "Komitmen itu kan dibangun secara terbuka, ya silakan publik menilainya secara terbuka juga," tambahnya.

    Dia menegaskan NasDem tidak dalam konteks menghalang-halangi Ridwan Kamil untuk masuk parpol manapun. Sebab, kata dia, pilihan tersebut merupakan hak setiap warga negara.

    "Jadi konteks yang harus kita lihat adalah kami tidak menghalang-halangi, kami tentu menghargai karena itu kemerdekaan setiap warga negara, itu hak asasi yang bersangkutan. Jadi silakan saja, tapi setidak-tidaknya tentu ada jejak rekam yang bisa kita jadikan sebagai sebuah referensi," imbuhnya.

    Isu RK Merapat ke Golkar

    Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil disebut bakal mengumumkan masuk partai politik pada Desember 2022. Kini, mulai menguat isu Ridwan Kamil akan berlabuh ke Partai Golkar.

    Kabar menguatnya Ridwan Kamil bakal berseragam Partai Golkar turut diamini sejumlah sumber detikJabar dari kalangan kader internal Partai Golkar. Ada 3 sumber yang detikJabar hubungi, dan semuanya turut menguatkan isu jika Ridwan Kamil akan segera berseragam Partai Golkar.

    Namun, ketiga sumber ini tak menjelaskan secara lebih spesifik bagaimana hubungan terkini Ridwan Kamil dengan Partai Golkar. Mereka hanya menyatakan Ridwan Kamil berpeluang besar berseragam Golkar.

    Saat dikonfirmasi akan hal ini, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily belum mau berkomentar mengenai isu tersebut. Ia menyarankan wartawan detikJabar supaya mengkonfirmasi isu tersebut langsung kepada Ridwan Kamil.

    "Konfirmasinya langsung ke Kang Ridwan Kamil aja ya kang," kata Ace singkat saat dihubungi, seperti dilansir detikJabar, Rabu (28/9).

    Sumber: detikcom

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa