• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Irwan Basir : Tagana Adalah Kekuatan yang Dibutuhkan Saat Bencana


    "Tagana adalah salah satu kekuatan yang dibutuhkan dalam penangan bencana. Untuk itu, Tagana haruslah diisi oleh orang-orang yang punya nilai-nilai kemauan dan kepedulian yang tinggi dalam membantu mengatasi permasalahan saat dan pasca bencana".

    SUMBARRAYA.COM, - - -

    KEPALA Bidang Perlindungan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM mengatakan, seluruh anggota Tagana adalah orang-orang yang harus punya nilai-nilai kemauan sosial, dan kepedulian yang tinggi untuk mengatasi setiap permasalahan sosial masyarakat terutama masalah yang menyangkut kebencanaan.

    Hal itu disampaikan Irwan Basir pada Rapat Koordinasi Bencana Alam dengan Program Penanganan Bencana Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, Jumat, (20/5/22) di Hotel Kawana Padang.

    Rakor tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Propinsi Sumatera Barat Arry Yuswandi, S.KM, M.KM dengan menghadirkan pengurus Tagana dari seluruh Kabupaten/Kota di Sumtera Barat.

    "Diketahui daerah kita Sumatera Barat sebagai etalase bencana. Dengan keadaan tersebut, kita harus mempersiapkan tenaga-tenaga sukarela yang handal yang siap terjun langsung di lapangan jika sewaktu-waktu dibutuhkan", ungkap Irwan Basir.

    Ditambahkannya, Tagana adalah salah satu kekuatan yang dibutuhkan dalam penangan bencana. Untuk itu,  Tagana haruslah dinilai oleh orang-orang yang punya nilai-nilai kemauan dan kepedulian yang tinggi dalam membantu pemerintah mengatasi permasalahan bencana yang dihadapi.

    Lebih lanjut Irwan Basir mengatakan, apabila kita melaksanakan azas-azas manfaat untuk kepentingan orang banyak, azas kepedulian,  solidaritas, dan rasa kesetiakawanan yang menyangkut nilai-nilai moralitas tentu akan memberikan energi-energi posititif kepada kita. 

    "Kita tidak bisa tutup mata. Dengan kondisi-kondisi yang ada seperti sekarang, tentu cukup mempengaruhi dan berimbas kepada penguatan potensi-potensi yang kita jalankan. Degan Rakor ini lah kita secara bersama-sama memback-up dan memfollow-up bagaimana kita lebih meningkatkan eksistensi kita untuk kedepan", tambah Irwan Basir lagi.

    Sementara itu dalam sambutannya Kepala Dinas Sosial Propinsi Sumatera Barat Arry Yuswandi, SKM. M.KM menyampaikan kalau saat ini tidak bisa menghadirkan pengurus Tagana secara keseluruhan karena anggaran yang terbatas.

    "Rakor ini disamping untuk menyamakan visi akan penguatan program-program kedepan, sekaligus untuk penguatan silturahmi kita dari pengurus Tagana di seluruh kabupaten/kota. Kalau saat ini kita tidak bisa menghadirkan seluruhnya karena keterbatasan anggaran, mudah-mudahan ini tidak mengurangi rasa kebersamaan diantara pengurus Tagana nantinya", ujar Kadis Sosial. 

    Kepada Anggota Tagana dari seluruh kabupaten/kota untuk selalu mengibarkan dan menegakkan panji-panji Tagana agar keberadaan Tagana betul-betul bisa dirasakan oleh masyarakat. Tagana tidak kemana-mana tapi Tagana hadir dimana-mana, harap Kadis mengakhiri.

    (MS)

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa