• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Terbesar di Indonesia, Ini 3 Ormas dengan Anggota Paling Banyak, Pemuda Pancasila Nomor Berapa?


    SUMBARRAYA.COM, - - –  

     Organisasi masyarakat atau ormas akhir-akhir ini kerap menjadi sorotan di mata publik. Ormas sendiri merupakan organisasi yang berdiri secara sukarela atas kesamaan aspirasi, tujuan, kegiatan oleh masyarakat.

     Terdapat beragam latar belakang berdirinya ormas di Indonesia, mulai dari agama, kepemudaan, kedaerahan, hingga nasional. Melansir Ayo Semarang pada Senin (13/12/2021), terdapat 431.465 ormas di Indonesia menurut data Kemendagri sampai tahun 2019.

    Meskipun demikian, masih banyak ormas lain yang tersebar di berbagai daerah dan belum terdaftar secara resmi atau masih berbentuk paguyuban maupun perkumpulan.

     Berdasarkan banyaknya jumlah anggota, berikut 3 ormas terbesar di Indonesia:

    1. Nahdlatul Ulama (NU)

    Mempunyai anggota sebanyak 91,2 juta (2019) yang tersebar di seluruh negeri, NU menjadi ormas Islam terbesar di Tanah Air. KH Hasyim Asy’ari mendirikan NU pada 31 Januari 1962 di Surabaya.

    Berarti “Kebangkitan Ulama”, NU lahir sebagai respons masyarakat Islam Nusantara terhadap gerakan Kebangkitan Nasional tahun 1908.

    NU dikepalai oleh Rais ‘Aam (Pimpinan Tertinggi) dan Ketua Umum yang kini dijabat oleh KH Miftachul Akhyar dan KH Said Aqil Siradj.

     Secara umum, NU bergerak di bidang keagamaan, pendidikan, sosial, dan ekonomi.

    Namun pada masa awal reformasi, NU juga sempat aktif di bidang politik melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

     2. Muhammadiyah

    Berdiri pada 18 November 1912 di Yogyakarta, Muhammadiyah menjadi ormas Islam kedua dengan anggota sekitar 60 juta (2019).

    KH Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah untuk meluruskan kembali penyimpangan yang terjadi dalam proses dakwah di Nusantara. Muhammadiyah dipimpin oleh Ketua Umum yang kini dijabat oleh KH Haedar Nashir.

    Saat ini, Muhammadiyah terkenal dengan kemajuan pergerakan di bidang keagamaan, pendidikan, dan sosial.

     Selain itu, Muhammadiyah juga bergerak di bidang politik dengan perwakilan yakni Partai Amanat Nasional (PAN).

    3. Pemuda Pancasila (PP)

     Pemuda Pancasila menduduki urutan ketiga dalam jajaran ormas terbesar di Indonesia dengan jumlah anggota saat ini mencapai sekitar 10 juta. 

    Terkenal dengan premanisme dan dukungan militan terhadap Pemerintah Orde Baru, PP merupakan ormas paramiliter yang berdiri pada 28 Oktober 1959 oleh Jenderal Besar Abdul Haris Nasional.

    Nama Pancasila merupakan simbolis ideologi negara yang dijunjung tinggi oleh para anggota Pemuda Pancasila.

    Punya sejarah cukup kelam, pasca Gestok 1965, PP menjadi ormas yang paling bertanggung jawab atas pembantaian sekitar satu juta warga etnis Tionghoa dan “tertuduh” simpatisan PKI di Sumatera Utara.

     Sementara itu, sejak tahun 1981, Japto Soerjosoemarno menjabat sebagai Ketua Majelis Pimpinan Nasional PP sampai saat ini.

     (Nesia Time/Mel/Rah).

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa