• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Fadli Zon Sebut Indonesia Punya Kelemahan Soal Sikap Dan Arah, Kualitas Demokrasi RI Dinilai Semakin Merosot 

     


     SUMBARRAYA.COM, - - -

     Fadli Zon menyebutkan bahwa Indonesia masih mempunyai kelemahan dalam menentukan soal arah dan sikap, serta menilai kualitas demokrasi RI.

     Politikus sekaligus anggota DPR Fadli Zon memberikan pandangannya tentang permasalahan yang terjadi di Indonesia saat ini.

    Menurut sosok politikus Partai Gerindra tersebut, ia sudah bisa melihat secara utuh permasalahan yang terjadi di negara ini.

    Ia mengatakan bahwa, saat ini Indonesia memiliki kelemahan dalam hal sikap dan kepemimpinan.

    Sebab, menurut penilaian Fadli Zon bahwa Indonesia sangat dipengaruhi oleh berbagai arus.

    Fadli Zon sendiri saat ini berada di Turki untuk menghadiri Parliamentary Union of OKI Member States (PUIC) atau Parlemen negara-negara OKI (Organization of the Islamic Conference).

     “Saya melihat secara utuh bahwa kita mungkin tidak menjadi pemain yang bisa menentukan arah global. Kita malah ditentukan arus global baik ke kiri dan ke kanan, Indonesia juga tak fokus jadi pemain regional,” tutur Fadli Zon.

    Selain itu, Fadli Zon mengungkapkan, jika melihat perebutan kekuasaan yang cukup dominan di dunia, Indonesia justru terlihat lebih fokus pada masalah domestik.

    Diperparah dengan situasi dalam negeri di mana kualitas demokrasi Indonesia semakin memburuk dan merosot.

     Menurutnya, hak-hak dasar demokrasi, berpendapat, berkumpul dan berekspresi, bahkan kebebasan pers, akhir-akhir ini terlihat semakin merosot.

    Demikian pula, kegiatan demonstrasi kini (menurut pengamatan Fadli Zon) Nampak semakin dibatasi.

     “Kita pernah di 65, lalu turun 85, lalu kemudian 102,” kata Fadli Zon.

    Di sisi lain, pengawasan terhadap DPR semakin berkurang. Ini karena semua kekuasaan terakumulasi di eksekutif, seperti yang terjadi di masa lalu.

    Dimana, legislatif tidak memiliki kekuatan untuk dapat menyeimbangkan eksekutif.

     (Kabarbesuki)

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa