• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Bupati Pessel Drs. Rusma Yul Anwar. M.Pd, Buka Kegiatan PLEK Angkatan III 


    SUMBARRAYA.COM, - - -

    Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK) merupakan salah satu program pelatihan yang mengintegrasikan kebutuhan akan pentingnya literasi dan pembelajaran keuangan bagi petani melalui pembinaan yang berkelanjutan dari penyuluh pertanian yang bertugas di wilayah yang bersangkutan. 

    Kegiatan PLEK Angkatan III di Kabupaten Pesisir Selatan di buka oleh Bupati Pessel Drs. Rusma Yul Anwar. M.Pd, Kamis, 09 September 2021 bertempat di Hotel Hannah Painan.

    Dalam sambutanya Drs. Rusma Yul Anwar. M.Pd meyampaikan, bahwa sektor agraris masih menjadi sektor utama di Pessel. Kita harus tumbuh dan berkembang bersama. Untuk kedepan hendaknya ada keseriusan dari masyarakat ke arah yang lebih baik. 

    Dari kegiatan ini, Bupati berharap agar adanya pergeseran dari usaha pemenuhan kebutuhan sendiri menjadi usaha bisnis. Selama ini tidak memikirkan keuntungan, setelah pelatihan akan tahu apakah usaha bertaninya untung atau rugi. Disamping itu juga diharapkan lahan lahan terlantar bisa dimanfaatkan. 

    Pelatihan ini sebagai wujud perubahan ekonomi global yang menuntut pentingnya pencatatan, analisis dan pengelolaan keuangan yang berbasis pada data sehingga  manajemen terbaik untuk keuangan yang didasari pada pondasi kesadaran, ketrampilan, perilaku  dan sikap dalam pengambilan keputusan individu agar tercapai keuangan yang sejahtera menjadi pintu utama, ungkap Bupati Drs. Rusma Yul Anwar. M.Pd.

    Disela acara pembukaan Ir. Nuzirwan. N.MT. Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Pesisir Selatan, menerangkan PLEK merupakan pelatihan yang bertujuan  untuk menguatkan pembiayaan dan pengelolaan keuangan terkait kredit usaha rakyat (KUR), asuransi pertanian serta layanan keuangan lainnya yang dapat diakses oleh kelompok tani dalam mengembangkan usahanya.  

    Sebagai program yang berkelanjutan, maka  peserta pelatihan dipersyaratkan adalah Ketua kelompok tani dan istri yang selama ini diberi tugas sebagai pendamping program Integrated Participatory Development Management of Irrigation Project (IPDMIP) di lapangan. 

    Ir. Nuzirwan. N.MT juga mengatakan bahwa Kegiatan IPDMIP ini sudah dilaksanakan dari tahun 2018 di 10 Daerah Irigasi dan di 7 Kecamatan bagi petani beririgasi. Total dana kegiatan yang didanai oleh IFAD untuk Kabupaten Pessel sebesar 7,8 M. Hingga saat ini dana yang sudah terserap sebesar 3.2 M. Tahun ini dana  dianggarkan 1.4 M dan sudah terealisasi 516jt, katanya.

    Ir Nuzirwan.N.MT yang didampingi oleh penanggung jawab kegiatan yang juga Kasi Penyuluhan Syafrianto, SP sebagai pengelola IPDMIP,  mengatakan bahwa tujuan dari PLEK ini adalah untuk meningkatkan Pemahaman Ketua Kelompok Tani dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Tani dan Keuangan Rumah Tangga Petani.

    Ditambahkan oleh Syafrianto, SP, bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 3 angkatan yaitu :

    - Angkatan I sebanyak 54 petani (27 pasangan), kegiatan dilaksanakan dari tanggal 1-3 September 2021 di Hotel Triza Painan 

    - Angkatan II sebanyak 62 petani (31 pasang), kegiatan dilaksanakan di Hotel Saga Murni Sago, Painan.

    - Angkatan III sebanyak 64 Petanj (32 pasang), kegiatan dilaksanakan di Hotel Hannah Painan, pungkasnya.

    (Ed)

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa