• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Bimtek Jitu Pasna BPBD Sumbar, Raden Hutomo Widyaiswara : Peningkatan Bencana Akibat Pertambahan Penduduk

     


    SUMBARRAYA.COM, - - - 

     Raden Hutomo Widyaiswara Ahli Madya Pusdiklat Penanggulangan Bencana BNPB, menjelaskan bahwa bencana akan semakin meningkat karena meningkatnya jumlah penduduk, urbanisasi, degradasi, kemiskinan dan pengaruh perubahan iklim global.

    Hal tersebut disampaikan pada pembekalan ilmu saat sebagai Narasumber  Bimbingan Teknis (Bimtek) Jitu Pasna BPBD Sumbar angkatan VIII di Hotel Kryaf Sedona Bumi Minang Kamis (30/9/2021).

     “Nah, di Sumbar, selain Karena ulah manusia, tapi bencana yang terjadi lebih banyak disebabkan pengaruh perubahan iklim global, seperti gempa bumi,” ujar Hutomo.

    Dikatakan hutomo, untuk mengetahui kebutuhan pasca bencana, maka harus diketahui terlebih dahulu dampak kerusakannya.

    “Ada tiga jenis bencana yakni bencana alam, non alam dan bencana sosial. Masa pandemi covid-19 seperti saat ini, termasuk kategori bencana non alam. Tapi yang penting itu, bagaimana menanggulanginya,” jelas Hutomo.

     Dalam hal penanggulangan bencana, lanjut Hutomo, merupakan tanggung jawab semua masyarakat, tidak hanya pemerintah pusat dan daerah.

     “Jadi semua harus terlibat agar penanggulangannya bisa dilakukan dengan cepat. Jadi, bencana itu tanggungjawab kita bersama, namun pengaturannya memang jadi tanggungjawab pemerintah agar penanggulangan bencana bisa terkoordinasi dengan baik,” katanya.

     ***

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa