• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Tingkatkan Keterampilan Masyarakat, Nagari Kampuang Gelapuang Ulakan Selenggarakan Pelatihan Bengkel Las


    SUMBARRAYA.COM, - - -

     Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan ketrampilan masyarakat, Pemerintah Nagari Kampuang Galapuang Ulakan menyelenggarakan Pelatihan Bengkel Las bagi masyarakat khususnya generasi muda dan anak-anak yang putus sekolah.

    Pelatihan bengkel las yang dilaksanakan selama 16 hari ini, dibuka secara resmi oleh Kelapa Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kabupaten Padang Pariaman Dewi Roslaini, SE. MM. bertempat Kantor Nagari Kampung Gelapuang Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih, pada Senin (5/7). Terlihat hadir dalam acara pembukaan, Wali Nagari Kampuang Gelapuang Ulakan Ali Waldana, ST. Ketua Bamus Syamsuar Ibrahim SE.MM, Sekretaris Nagari Sasta Kastari serta 4 orang instruktur dan narasumber.

    Pelatihan yang diikuti oleh 12 orang peserta itu, akan dibimbing oleh 2 orang narasumber teknis dari BLK Padang Pariaman. Kemudian, 1 orang narasumber soft skill dari lembaga trainer profesional dan 1 orang narasumber pemberdayaan dari DPMD Kabupaten Padang Pariaman.

    Dalam sambutannya saat membuka pelatihan, Dewi Roslaini mengatakan. Dengan adanya pelatihan bengkel las ini, diharapkan dapat melahirkan SDM yang handal dan tangguh serta dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Sehingga, nantinya dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Nagari Kampung Gelapuang Ulakan.

    Senada dengan itu, Wali Nagari Kampuang Gelapuang Ulakan Ali Waldana mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, khususnya Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UKM yang telah memberikan perhatian kepada masyarakat. Terutama dalam peningkatan kapasitas dan ketrampilan.

    "Program ini sesuai dengan salah satu visi dan misi Wali Nagari, yaitu menciptakan dan menumbuh kembangkan perekonomian berbasis potensi masyarakat Nagari. Karena itu, tahun 2021 ini Pemerintah Nagari sudah menganggarkan 4 pelatihan sekaligus. Diantaranya adalah, Pelatihan bengkel las, Pelatihan pembuatan VCO, Pelatihan pembuatan pakan ternak alternatif(selase dan fermentasi) dan Pelatihan pembibitan tanaman hultikultura". ujar Ali Waldana menjelaskan.

    Ali Waldana mengharapkan, semua pelatihan ini tentunya sesuai dengan konsep yang telah direncanakan. Dimana, kegiatan pemberdayaan melalui pelatihan, diharapkan adanya keberlanjutan dan kesinambungan dari program pelatihan tersebut. Dalam hal ini, Pemerintah Nagari Kampung Gelapuang Ulakan akan menyiapkan konsep keberlanjutannya bersama BUMNag Gelapung Mekar.

    "Dari 4 pelatihan yang telah direncanakan tahun ini, diharapkan bisa menjadi embrio unit usaha dari BUMNag kedepannya. Sehingga upaya pemulihan ekonomi di masa Pandemi Covid-19 dapat diwujudkan. Mudah mudahan apa yg telah direncanakan ini tercapai secara optimal dan di ridhoi Allah SWT". ujar Wali Nagari menutup pembicaraan.

     (AS)

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa