• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Nagari Seulayat Ulakan yang Tercepat Salurkan BLT DD Bulan Februari 2021 di Ulakan Tapakih


    SUMBARRAYA.COM, (Padang Pariaman),-

    Berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2021, telah ditetapkan prioritas dengan tiga fokus anggaran. Pertama, Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sesuai kewenangan desa. 

    Kedua, program Prioritas Nasional sesuai kewenangan Desa yang meliputi pendataan Desa, pemetaan potensi dan sumber daya, pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan desa wisata, penguatan ketahanan pangan dan pencegahan stunting serta Desa inklusif. Yang terakhir ialah, Adaptasi Kebiasaan Baru yaitu Desa Aman Covid-19.

     Untuk pemanfaatan Dana Desa (DD) dimasa Pandemi Covid-19 ini, diarahkan kepada Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi 8.045.861 Kepala Keluarga atau 39.263.802 jiwa di seluruh Indonesia. Sedangkan di Nagari Seulayat Ulakan anggaran untuk BLT DD tahun 2021, telah dialokasikan sebanyak 68 (enam puluh delapan) Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dengan jumlah bantuan diterima, masing-masing sebesar Rp. 300.000 setiap bulan. Penyerahan dana BLT DD bulan Januari 2021, telah dilaksanakan sebulan yang lalu. 

    Dan untuk bulan Februari 2021 penyerahannya dilaksanakan pada Kamis (3/6), bertempat di Kantor Wali Nagari Seulayat Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang Pariaman. 

     Hadir dalam acara itu, Camat Ulakan Tapakih yang diwakili oleh Kasi Trantib Anesa Satria, SH.MM. Wali Nagari Seulayat Ulakan Muhammad Idris, Bhabinkamtibmas Polsek Nan Sabaris Bripka Indra Jasman dan Sekretaris Nagari Ali Azwir beserta perangkat dan para Wali Korong setempat.

     Dilaporkan oleh Wali Nagari Muhammad Idris, bahwa berkat kerjasama yang baik dari rekan-rekan Sekretariat, Nagari Seulayat Ulakan yang pertama bisa mencairkan BLT DD bulan Februari 2021 untuk wilayah Kecamatan Ulakan Tapakih. 

    Mengenai jumlah penerima BLT tahun ini atau Keluarga Penerima Manfaat, masih sama dengan tahun lalu dan tidak ada perubahan. Seandainya ada perubahan, itu disebabkan penerima BLT tersebut meninggal dunia atau mengundurkan diri. 

    "Alhamdulillah, Nagari kita yang pertama di Kecamatan Ulakan Tapakih untuk penyaluran dana BLT DD bulan Februari 2021 ini. 

    Mengenai jumlah dan nama penerima BLT Nagari Seulayat Ulakan, masih sama dengan tahun 2020 yaitu sebanyak 68 Kepala Keluarga. Tidak ada perubahan data untuk Penerima Manfaat di Nagari Seulayat Ulakan pada tahun ini". jelas M. Idris.

     Senada dengan itu Camat Ulakan Tapakih berpesan kepada KPM, yang disampaikan oleh Kasi Trantib Anesa Satria. Sebagai wujud rasa syukur, agar masyarakat yang menerima BLT dapat menggunakan uang yang diterima untuk usaha yang produktif dan dapat meningkatkan ekonomi keluarga. Serta selalu mematuhi protokol kesehatan dimanapun berada.

     "Diharapkan kepada Bapak-bapak dan Ibu-ibu penerima BLT, dapat menggunakan dana bantuan ini kepada hal-hal yang produktif dan untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Karena saat ini situasi Pandemi Covid-19 di daerah kita masih belum terkendali. 

    Karena itu, tetaplah menerapkan protokol kesehatan dimanapun berada. Lakukan selalu 5M, yaitu Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilisasi". ujar Anes.

     Dalam kesempatan itu, Camat juga memberikan apresiasi kepada Wali Nagari dan Sekretaris Nagari beserta tim keuangan, atas kecepatan dan ketepatan dalam menyelesaikan laporan administrasi keuangan penyaluran BLT DD bulan Januari 2021. 

    Sehingga untuk penyaluran BLT DD bulan Februari 2021 Nagari Seulayat Ulakan menjadi yang pertama bisa dicairkan untuk Kecamatan Ulakan Tapakih. Kami pihak Kecamatan mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Wali Nagari Seulayat Ulakan beserta perangkat, atas keberhasilan sebagai Nagari yang pertama dalam penyaluran BLT DD bulan Februari tahun 2021 ini. 

    Semoga keberhasilan ini bisa dipertahankan untuk bulan selanjutnya dan kualitas pelayanan dapat lebih ditingkatkan". katanya mengakhiri pembicaraan. 

    (AS)

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa