• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Kucurkan Dana 19 M, BNPB Atasi tiga titik abrasi di Pantai Padang


    SUMBARRAYA.COM, (Padang), - - - 

     Kota Padang mengalami Abrasi pantai cukup parah di Tiga titik kawasan lokasi pariwisata andalannya yaitu pada Kawasan Tugu Merpati, Kawasan Masjid Al Hakim dan Pasir Jambak, melihat kenyataan tetsebut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengucurkan dana Rp19 miliar untuk penanganan abrasi pantai yang diakami Kota Padang, Sumatera Barat.

    Suryadi E ST. MT Kabid RR BPBD Sumbar, yang ditemui media ini Rabu (17/2) di lokasi proyek kawasan Tugu Merpati mengatakan dana yang dikucurkan itu bersumber dari dana siap pakai (DSP) yang diserahkan kepada Pemprov Sumbar untuk membangun sea wall di tiga titik.


    " Ke Tiga titik abrasi yang dikerjakan pada Kawasan Tugu Merpati, Kawasan Masjid Al Hakim dan Pasir Jambak, pengerjaannys ditargetkan 70 hari kerja selesai," ucap Suryadi yang akrab di panggil dengan sebutan pak Os.

    Suryadi menjelaskan, penanganan abrasi dilakukan dengan pemasangan batu seawall, grip, ground T atau penghalang ombak, sehingga masjid dan Tugu Merpati tetap berdiri kokoh.

    "Titik-titik ini masuk kawasan wisata. Mudah-mudahan setelah ini terbebas dari abrasi," katanya.

    Pada kesempatan tersebut, Pak Os menyebutkan, bencana abrasi di kawasan Tugu Merpati Kota Padang merupakan ancaman yang permanen, untuk itu, solusi yang diperlukan juga harus permanen, katena Abrasi yang terjadi sangat parah bahkan Tugu Merpati yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo terancam ambruk.

    Demikian juga halnya dengan Masjid Al Hakim yang berada di Pantai Padang. Abrasi sudah sampai ke pondasi masjid hingga perlu penanganan secepatnya, ucapnya panjang lebar.

    Ketika media ini menanyakan adanya isue yang berkembang dan cukup meresahkan mengenai material dan pekerjaan yang tak sesuai spesifikasi, Suryadi menanggapinya dengan senyum dan mengatakan, semua surat surat mengenai proyek ini lengkap dan mengenai adanya pekerjaan yang tak sesuai mari kita kelapangan untuk pembuktian ujarnya tegas.



    Akhir kata, dengan adanya proyek Pengaman Pantai atau Seawall, Tugu Merpati nan hampir roboh tetap tegak berdiri kokoh begitu juga dengan Masjid Al Hakim yang sudah tergerus Abrasi terselamatkan dan puluhan rumah penduduk di Padir Jambak tidak jadi hanyut dihantam air gelombang laut.

    Dan tidak kalah pentingnya adalah bangunan pengaman pantai ini selain melindungi masyarakat dari ancaman abrasi, juga memberi rasa aman bagi pengunjung khususnya pedagang yang mengantungkan ekonomi keluarganya disepanjang pantai Padang.

     (Red)

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa