• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Video Viral Bupati Sukoharjo Bentak Pedagang, Begini Reaksi Gubernur Ganjar Pranowo


    Video Viral Bupati Sukoharjo Bentak Pedagang, Begini Reaksi Gubernur Ganjar Pranowo.

     SUMBARRAYA.COM, - - -

     Rekaman video yang memperlihatkan Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya membentak pedagang sate viral di media sosial.

    Dalam video itu, Wardoyo terlihat geram karena mendapati pedagang tersebut tetap membuka warungnya saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

    Saat kejadian itu, seorang pria yang diduga pemilik warung tersebut terlihat berusaha menjelaskan dan meminta kelonggaran waktu, namun tidak diberikan kesempatan oleh sang bupati.

    "Loh, kamu berani mengatur pemerintah kenapa?" kata Wardoyo dengan menggunakan bahasa Jawa.

    Sementara istri pemilik warung tersebut juga sempat terlihat bersitegang dengan sang bupati.

    Dengan menggendong anaknya, perempuan itu berusaha meminta para petugas Satpol PP dan sang bupati itu untuk mendengarkan keluhannya.

    Sebab, dengan adanya pembatasan jam operasional sampai pukul 19.00 WIB membuat kondisinya semakin sulit. Apalagi, warung tersebut merupakan sumber pendapatan satu-satunya untuk mencukupi kebutuhan keluarga."Pak, rungokno aku sik Aku mbeleh wedhus Pak, 2 dino ora entek (Pak, dengarkan saya dulu. Saya menyembelih kambing dua hari tidak habis)," kata perempuan itu, melansir Tribun Jateng.

     "Gek anakku mangan opo? (Lalu, anak saya makan apa?)" tanyanya kepada petugas dan bupati dengan suara bergetar.

    Namun demikian, keluhan perempuan itu tak didengarkan. Ia justru kembali dibentak sang bupati. Sebab, aturan itu dibuat oleh pemerintah untuk kepentingan bersama.

    Penjelasan Satpol PP

     Kepala Satpol PP Sukoharjo, Heru Indarto saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut.

    Peristiwa itu terjadi pada Rabu, 13 Januari 2021 malam di kawasan Dompilan, Sukoharjo.

    Menurutnya, Bupati Sukoharjo marah karena pedagang tersebut dianggap tak mengindahkan aturan PPKM di Sukoharjo sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19.

    Dalam PPKM itu, dijelaskan jam operasional tempat usaha atau warung makan dibatasi sampai dengan pukul 19.00 WIB.

    Sedangkan untuk layanan pesan antar/dibawa pulang boleh dilakukan hingga 21.30 WIB.

    Namun demikian, pemilik warung tersebut diketahui masih melayani pembeli yang makan di tempat meski waktu sudah menunjukkan pukul 20.30 WIB.

    Terlebih lagi, teguran itu sudah dua kali dilakukan oleh petugas kepada pemilik warung tersebut.

    "Pada PPKM hari pertama sudah kita tegur agar mematuhi surat edaran dari Mendagri," katanya kepada wartawan di Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis, 14 Januari 2021.

    "Hari kedua kita ingatkan lagi tetap berdebat. Malah meminta revisi seperti di Solo. Saya sampaikan kebijakan di masing-masing daerah itu kan berbeda. Tergantung situasi dan kondisi di mana. Sukoharjo itu termasuk angka kematiannya tertinggi dan konfirmasinya naik terus. Tapi dia tidak mau terima," tutur dia.

    Tanggapan Ganjar Pranowo

    Video viral Bupati Sukoharjo memarahi pedagang itu diketahui juga menjadi perhatian Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

    Terkait dengan persoalan itu, Ganjar tidak memihak dan menghormati sikap keduanya.

    "Saya sih menghormati pedagang yang butuh solusi, tapi saya juga menghormati bupati yang sudah mengambil tindakan tegas. Hanya mungkin kesepakatan itulah yang mesti dipahami kedua belah pihak," ucapnya.

    Untuk mengantisipasi kejadian serupa tidak terulang, Ganjar mengatakan ada dua pendekatan yang bisa dilakukan sebagai solusi.

     "Yang pertama memang mereka harus dikasih tahu, dikomunikasikan jam berapa tutupnya. Kalau ada kesulitan-kesulitan misalkan 'saya kalau enggak jualan seperti ini ya engga bisa makan' kalau memang betul-betul enggak bisa makan ya harus diintervensi dikasih makan maka ada bantuan sosial tinggal didata," ujarnya.

    Namun demikian, pihaknya juga meminta kepala daerah di Jawa Tengah untuk terus memaksimalkan upaya sosialisasi terkait aturan PPKM kepada warganya.

    Source: Kompas.com

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa