• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Jokowi Utus Prabowo, Erick dan Basuki Keroyokan, Bikin Apa?

    Foto: Jokowi dan Prabowo. Jokowi Utus Prabowo, Erick dan Basuki Keroyokan.
    SUMBARRAYA.COM,  - - -  

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan Kalimantan Tengah (Kalteng) sebagai kawasan food estate. Secara khusus, Jokowi memerintahkan sejumlah menterinya untuk menggarap food estate secara bersama-sama.

    Menteri-menteri yang terpilih tersebut adalah, Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat PUPR, Basuki Hadimuljono; dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir.

    Rencana Jokowi ini diungkapkan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI.

    "Telah diputuskan Bapak Presiden, tadinya ada 3 alternatif di Sumatera Selatan, Merauke, dan Kalimantan Tengah. Diputuskan dipilih di Kalteng di eks lahan gambut. Tapi ini yang tidak ada gambutnya, ini adalah aluvial," kata Basuki, Rab, 24 Juni 2020.

    Basuki menjelaskan, proyek ini bakal dikerjakan di sekitar Sungai Barito di atas lahan seluas 165 ribu hektar.

    Di kawasan tersebut, Basuki menjelaskan, sebenarnya terdapat potensi pembukaan lahan seluas 295.500 hektar, namun pihaknya kini masih fokus di 165 hektar.

    Selama ini, lahan 165 hektar tersebut sudah pernah dibuka sebagai persawahan namun tak terawat dengan baik. Inilah yang akan dijadikan food estate.

    "Jadi di bagian pinggir Sungai Barito sebanyak 165 ribu hektar. Di sana ada 165 ribu hektar eks kawasan gambut PLG yang berupa aluvial. Potensi wilayahnya 295.500 hektar, namun yang sudah dicetak sawah dan sudah ada jaringan irigasinya seluas 165 ribu hektar," bebernya.

    "Dengan menggerakkan BUMN, Menhan juga termasuk untuk bisa ikut, karena menurut beliau, ini adalah program ketahanan non-militer," kata Basuki.

    (Sumber: CNBC Indonesia)

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa