• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Mutasi Ditubuh Polri, Irjen Boy Rafli Amar Ditugaskan Urus Teroris

    Irjen Boy Rafli Amar 

    SUMBARRAYA.COM, - - - 

    Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menunjuk Irjen Boy Rafli Amar untuk mengurus teroris. Jenderal polisi putra Minang ini ditugaskan menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) menggantikan Komjen Suhardi Alius yang dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Bareskrim Polri.

    Mutasi tersebut tertera dalam Telegram Kapolri Nomor ST/1377/V/KEP/2020 tertanggal 1 Mei 2020 yang ditandatangani Wakil Kepala Polri Komjen Eddy Pramono.

    Sebelumnya, Boy Rafli menjabat Wakil Kepala Lemdiklat Polri. Posisi itu akan diisi Luki Hermawan yang kini Kepala Polda Jatim.

    Boy Rafli pernah menjabat Kapolda Papua dan Kadiv Humas Polri sebelum menduduki jabatan Wakil Kepala Lemdiklat Polri.

    Sementara itu, Irjen Aris Budiman ditunjuk sebagai Kapolda Kepolisian Riau (Kepri) menggantikan Irjen Andap Budhi Revianto.

    Dalam surat tersebut tertuang jabatan Kapolda Jawa Tengah (Jateng) akan ditinggalkan Irjen Rycko Amelza Dahniel. Dia dipromosikan pada job bintang tiga yaitu Kabaintelkam Polri, menggantikan Komjen Agung Budi Maryoto yang ditunjuk sebagai Irwasum Polri.

    Sedengkan Irjen Andap Budhi Revianto diamanahkan sebagai Irjen Kemenkumham berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia no: 772/TPA Tahun 2020.

    Jabatan Kapolda Jateng akan diisi oleh Brigjen Ahmad Lutfhi yang saat ini menjabat sebagai Wakapolda Jateng. Tekait jabatan Irwasum, Komjen Moechgiyarto dimutasi menjadi Anjak Utama Baharkam Polri.

    Kemudian jabatan Kapolda Jawa Timur (Jatim) akan ditinggalkan Irjen Luki Hermawan. Dia dimutasi menjadi Wakalemdiklat Polri, menggantikan Irjen Boy Rafli Amar.

    Jabatan Kapolda Jatim akan diisi oleh Irjen Fadil Imran yang saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Kapolri bidang Sosial Budaya.

    Sementara itu, jabatan Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) akan ditinggalkan Irjen Priyo Widyanto. Dia ditunjuk menggantikan jabatan Staf Ahli Kapolri bidang Sosial Budaya. Jabatan Kapolda Sumsel akan diisi oleh Irjen Eko Indra Heri, yang saat ini menjabat sebagai Asisten Kapolri bidang SDM (As SDM).

    Sementara itu, Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol M. Iqbal hari ini resmi dipromosikan sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) dan akan meninggalkan jabatan lamanya sebagai Kadiv Humas Polri. Dia diketahui bukan orang baru dalam bidang kehumasan di Polri.

    Sejak meninggalkan jabatan sebagai Kapolres Metro Jakarta Utara pada 2012, karir Iqbal banyak berlangsung di bidang kehumasan. Misalnya Kabid Humas Polda Metro Jaya (2015), Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri (2017), dan Kadiv Humas Polri sejak 2018 hingga sekarang.

    Kepangkatan Iqbal sebagai Perwira Tinggi (Pati) pun seluruhnya didapat ketika berkarir di humas. Mulai dari Jenderal bintang satu, hingga sekarang sudah ada 2 bintang di pundaknya.

    Selain Iqbal, adapula pati lainnya yang sukses di Divisi Humas. Yakni Brigjen Pol Argo Yuwono. Karir kehumasannya diawali pada 2015 ketika menjadi Kabid Humas Polda Jawa Timur. Setahun berselang dia dipindah ke Polda Metro Jaya dalam jabatan yang sama.

    Kemudian pada 2019 lalu, dia pecah pangkat menjadi Brigadir Jenderal saat promosi sebagai Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri. Hari ini dia kembali mendapat promosi menggantikan Iqbal selaku atasan tertinggi di Divisi Humas. Secara otomatis pangkatnya akan bertambah menjadi Inspektur Jenderal.

    Satu nama lain yang terbilang sukses di Divisi Humas Polri yakni Brigjen Polisi Dedi Prasetyo. Dia merupakan pendahulu Argo di Karopenmas. Tepat hari ini pula, dia mendapat promosi sebagai Kapolda Kalimantan Tengah. Sama dengan Argo, kepangkatan Dedi pun akan menjadi Inspektur Jenderal.

    Diketahui, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis melakukan perombakan besar-besar distruktur internal Polri. Total ada 47 polisi berpangkat Jenderal dan ratusan Perwira Menengah (Pamen) yang mendapat promosi jabatan baru.

    “Mutasi adalah hal yang alami dalam organisasi Polri sebagai tour of duty and tour of area, penyegaran, promosi, dan dalam rangka meningkatkan performa kinerja organisasi menuju SDM unggul dan promoter,” kata Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Polisi Argo Yuwono.

    (***)

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa