• Breaking News

    7 Benda Nabi Muhammad SAW Ini Masih Ada Hingga Kini


    Momen bulan Ramadan seperti ini sudah pasti menghadirkan rasa spiritual yang lebih kental dibanding bulan-bulan lain. Sesekali, bagi umat muslim merasa rindu akan Baginda Rasulullah SAW. Satu hal yang bisa menahan rindu sementara pada beliau adalah dengan melihat benda-benda peninggalannya.
    Kini, benda-benda peninggalan beliau tersimpan aman di Museum Topkapi Istanbul, Turki. Karena situasi yang tidak memungkinkan di tengah COVID-19 ini untuk pergi ke sana, kamu tetap bisa, kok mengintip benda-benda itu. Check this out!

    1. Sandal

    Sandal sederhana ini kerap disebut juga dengan sebutan terompah yang mana terbuat dari kulit sapi dan terdiri dari dua tali. Sandal yang menjadi saksi bisu kenabian Nabi Muhammad SAW ini juga pernah digunakan saat beliau berperang dan saat peristiwa Isra' Mi'raj, lho!

    Terkait penggunaan sandal pun Nabi pernah menyampaikan dalam sebuah hadis kepada umatnya, agar memakai sandal dari yang sebelah kanan dulu.

        Nabi shallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda, "Bila salah seorang di antara kalian hendak memakai sandal hendaklah ia memulainya dari yang sebelah kanan."


    2. Rambut

    Rambut ini adalah bagian dari seorang yang mulia, yaitu Baginda Rasulullah SAW. Banyak orang yang ingin meraih keberkahan dengan memilikinya. Sebagaimana salah satu sahabat, Khalid bin Walid, yang pernah suatu kali dalam perang kehilangan topi besi yang berisi helaian rambut Nabi.

    Khalid begitu panik dan tidak henti mencari hingga akhirnya ia ditemukan, karena, menurutnya yang berharga bukan topi besi itu, tapi isinya, yaitu helaian rambut Nabi Muhammad SAW.

    Hanya orang-orang khusus yang dipercayakan untuk menyimpan rambut Nabi Muhammad SAW ini. Bahkan, penceramah Opick pun menjadi salah satu orang yang dipercaya oleh pemerintah Turki untuk menyimpan sehelai rambut Nabi Muhammad SAW ini, lho!

    3. Turban

    Nabi Muhammad SAW menyukai semua warna, namun, yang paling beliau utamakan adalah warna hijau. Dijelaskan juga dalam surat Al-Kahf ayat 31 mengenai warna hijau adalah pakaian penghuni surga:

        أُولٰٓئِكَ لَهُمْ جَنّٰتُ عَدْنٍ تَجْرِى مِنْ تَحْتِهِمُ الْأَنْهٰرُ يُحَلَّوْنَ فِيهَا مِنْ أَسَاوِرَ مِنْ ذَهَبٍ وَيَلْبَسُونَ ثِيَابًا خُضْرًا مِّنْ سُنْدُسٍ وَإِسْتَبْرَقٍ مُّتَّكِئِينَ فِيهَا عَلَى الْأَرَآئِكِ ۚ نِعْمَ الثَّوَابُ وَحَسُنَتْ مُرْتَفَقًا
        Artinya: Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga ´Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang mas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah.


    Sehingga, turban berwarna hijau inilah yang menjadi favorit beliau. Dan, pada akhirnya Nabi Muhammad SAW memberikan barang kesayangannya ini pada sahabatnya, Mu'adz, dan hingga kini jutaan pasang mata dari seluruh dunia masih bisa melihatnya.

    4. Tapak kaki

    Selanjutnya adalah tapak kaki Rasulullah SAW yang hingga kini dipamerkan di museum Topkapi Istanbul, Turki. Sebuah riwayat menyatakan, apabila Nabi berjalan di atas batu kakinya akan tenggelam di dalam dan meninggalkan cetakan.

    Selain itu, pada masa Nabi Muhammad SAW, orang-orang yang hendak meresmikan sesuatu, mereka meminta untuk Nabi untuk menapakkan kakinya. Makanya, hingga sekarang benda-benda bersejarah ini terus dijaga agar semakin banyak yang merasakan bahwa Nabi Muhammad SAW berada dekat dengan umat manusia yang mempercayainya.

    5. Janggut
    Selanjutnya adalah janggut Nabi Muhammad SAW. Alasan mengapa janggut ini masih ada lantaran, para sahabat menyimpan helaian ini ketika Nabi Muhammad SAW bercukur.

    Kini, janggut Nabi selalu dijaga dengan dimasukkan ke dalam tabung kaca agar terhindar dari kerusakan. Pernah suatu kali, ada yang berusaha mencuri janggut Nabi ini, namun keesokan harinya lagi, rambut itu kembali lagi, dan membuat pengamanan semakin diperketat.

    6. Tongkat

    Tongkat Al-Saaja ini adalah tongkat peninggalan Nabi Muhammad SAW yang bentuknya tidak begitu lurus, tapi agak bengkok. Dalam sebuah riwayat, Nabi Muhammad SAW juga pernah bersabda untuk umatnya yang memasuki usia 40 tahun, agar mereka disunahkan untuk memakai tongkat.

    7. Jubah
    Jubah yang pernah dikenakan oleh Nabi Muhammad SAW ini terbuat dari bahan linen, katun dan sutra. Kini, benda bersejarah ini tersimpan aman di suatu masjid bernama Hirka'i Serif di Turki. Masji yang memang khusus dibangun untuk menyimpan barang peninggalan Nabi.
    Berdasarkab beberapa riwayat, jubah ini pernah diberikan pada sosok Uwais bin al-Qarni yang sangat ingin bertemu Nabi, tapi, Uwais malu. Maka dari itu, Nabi Muhammad SAW, menghadiahkan jubah ini kepadanya melalui perantara para sahabatnya.

    Itulah 7 benda peninggalan Nabi Muhammad SAW yang masih terjaga hingga sekarang. Mudah-mudahan, dengan melihat benda-benda beliau bisa menambah keimanan kita semua, ya!

    #Wik | Abu Khalil

    No comments

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa