• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Kementerian Kesehatan Malaysia Tuduh Sebagian Besar Kasus Corona Berasal dari Indonesia


    SUMBARRAYA.COM, (Malaysia) - - - 

    Pejabat Malaysia menuduh sebagian besar kasus Virus Corona atau Covid-19 yang terjadi di Malaysia berasal dari Indonesia.
    Demikian rilis yang disampaikan Kementerian Kesehatan Malaysia, Minggu (26/4/2020) kemarin.

    Berdasarkan data yang dilaporkan Kementerian Kesehatan Malaysia (Kementerian Kesihatan Malaysia), sebanyak 71,22 persen kasus baru pasien Covid-19 berasal dari Indonesia.

    Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Dr Noor Hisham Abdullah mengatakan pada hari Minggu (26/4/2020), 12.672 orang yang kembali dari luar negeri telah menjalani test Covid-19. Dari jumlah tersebut, 139 orang dinyatakan positif Covid-19.

    Dari 139 orang yang positif Virus Corona itu, sebanyak 99 orang di antaranya (71,22 persen), datang dari Indonesia. Ke-139 orang tersebut baru saja melakukan perjalanan ke sejumlah negara, dan sebagian besar ke Indonesia.

    "Daripada jumlah positif Covid-19 tersebut, negara yang telah dilawati adalah 99 case melawat ke Indonesia, 14 case melawat United Kingdom, 13 case ke Singapura, 5 case melawat Turki," ujar Dr. Noor Hisham Abdullah dalam sebuah video yang disiarkan https://www.thestartv.com/.

    Sisanya, 3 kasus dari Belanda, 2 kasus dari Amerika Serikat, masing-masing 1 kasus dari Thailand, Perancis, dan Bangladesh.

    Thestartv.com melaporkan, Malaysia melaporkan 38 kasus Covid-19 lainnya pada hari Minggu (26 April), sehingga jumlah total infeksi Covid-19 di negara itu menjadi 5.780.

    Korban tewas tetap 98 orang, menurut Datuk Dr Noor Hisham Abdullah.
    Ini adalah kedua kalinya sejak perintah melakukan the movement control order atau kontrol gerakan (pembatasan sosial) tidak ada kematian yang dicatat dalam 24 jam.

    Malaysia juga mengeluarkan lebih dari 100 pasien, yang berarti 3.862 pasien telah pulih dari Covid-19 sejak wabah dimulai.
    Jumlah kasus aktif sekarang tercatat 1.820 kasus.

    Pada briefing media harian Covid-19 Kementerian Kesehatan, Dr Noor Hisham mengatakan 36 pasien dirawat di unit perawatan intensif sementara 15 lainnya membutuhkan ventilator.

    "Pada pengujian Covid-19 di area MCO yang ditingkatkan, ada 638 kasus positif. Dari jumlah tersebut, 388 pasien adalah orang asing dan 250 adalah orang Malaysia.

    "Ada kasus baru di Menara City One dan lima kasus baru di Malayan Mansion. Di pasar grosir Kuala Lumpur, ada sembilan lagi kasus baru.

    "Pada 26 April, dari 12.670 yang diputar di pusat karantina, 139 dinyatakan positif," kata Dr Noor Hisham.

    Dia menambahkan bahwa sebagian besar yang dites positif adalah mereka yang mengunjungi Indonesia.

    Ketika ditanya pada laporan internasional bahwa antibodi yang dihasilkan selama infeksi pertama tidak memberikan perlindungan yang cukup dari infeksi kedua, Dr Noor Hisham mengatakan bahwa ini dimungkinkan karena antibodi yang dihasilkan tidak cukup.

    "Inilah sebabnya kami memberikan konseling sebelum mengeluarkan pasien untuk memastikan bahwa mereka masih terus mengambil tindakan pencegahan bahkan setelah meninggalkan rumah sakit," kata Dr Noor Hisham.

    Data Badan Kesehatan Dunia (WHO), hingga Minggu (26/4/2020), jumlah kasus Virus Corona di Malaysia tercatat 5.742 kasus. Dari 5.742 kasus itu, sebanyak 98 orang di antaranya meninggal dunia. Jumlah kasus baru di Malaysia adalah 51 orang, dan kemarian baru 2 orang.
    China Klaim Kasus Corona Baru Diimpor dari Indonesia.

    Sebelumnya, China juga menyebut Indonesia salah satu negara yang berkontribusi terhadap penyebaran Virus Corona di negara itu. China mengumumkan kasus virus corona diimpor dari Indonesia.

    Mengutip The Jakarta Post, dia adalah seorang warga negara China berusia 35 tahun, yang diidentifikasi sebagai Zhang.
    Zhang mengalami gejala tidak enak badan saat berada di Indonesia pada pekan lalu, sebelum didiagnosis positif pasca kembali ke provinsi Shaanxi.

    Dalam situs resminya, Komisi Kesehatan Shaanxi mengumumkan pada hari Selasa bahwa Zhang adalah kasus impor pertama di provinsi tersebut. Dia dilaporkan menderita batuk dan demam pada 10 Maret selama dia tinggal di Indonesia.
    Namun, kota mana di Indonesia yang dia kunjungi dan bagaimana dia terinfeksi tetap tidak jelas.

    Laporan itu mengatakan, Zhang menggunakan penerbangan Dragon Air KA896 dari Indonesia ke Shanghai melalui Hong Kong pada 13 Maret dan tinggal di Vienna International Hotel di Shanghai malam itu.

    Keesokan harinya, Zhang melakukan perjalanan dengan mobil ke Bandara Internasional Pudong Shanghai pukul 2 siang waktu setempat.

    Kemudian berangkat dengan penerbangan China Eastern MU2162 sekitar pukul 5 sore, dan tiba di Bandara Internasional Xi`an Xianyang di Shaanxi pada jam 7:45 malam.
    Setelah tiba di Xi`an, Zhang memberi tahu staf bandara tentang ketidaknyamanan fisiknya. Saat hasil pengukuran menunjukkan suhu tinggi, ia dikirim ke Rumah Sakit Pusat Xi`an pada tengah malam.

    Minggu pagi dini hari, Pusat Pengendalian Penyakit Xiʻan (CDC) melakukan uji asam nukleat dan serologis padanya. Tes asam nukleat tidak meyakinkan, sedangkan tes serologis negatif.

    Tes asam nukleat kedua dilakukan pada hari berikutnya hasilnya positif.
    Zhang juga menjalani pemeriksaan gejala klinis, tes darah, dan konsultasi ahli sebelum didiagnosis sebagai kasus yang dikonfirmasi positif. Dia lantas segera dipindahkan ke Eighth Hospital di Xi`an untuk isolasi dan perawatan.

    Pihak berwenang telah mengisolasi kontak dekat Zhang di China untuk observasi medis.

    Departemen Kesehatan Shaanxi mengatakan ada 80 kontak dekat baru di provinsi itu, 79 di antaranya terhubung dengan Zhang.

    # Wik | Tribunnews / thestartv.com / mond

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa