• Breaking News

    Kemenkes Periksa 70 Orang Suspect Virus Corona, Hasilnya 68 Negatif


    Kemenkes Periksa 70 Orang Suspect Virus Corona, Hasilnya 68 Negatif Virus corona COVID-19. ©2020 AFP Photo/STR/China Out

    SUMBARRAYA.COM, - - - 
     
    Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan telah memeriksa 70 orang yang diduga terpapar virus corona. Hasilnya, sebagian besar negatif dari virus corona.

    Sebanyak 68 dari 70 orang yang awalnya diduga terinfeksi virus corona, telah selesai diteliti Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan. Hasilnya, ke-68 orang tersebut dinyatakan negatif virus corona.

    "Ini diambil di lab dengan jumlah 70 spesimen, yang sudah keluar hasilnya ada 68 dan hasilnya negatif. Yang dua lagi masih berproses," kata Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kemenkes Vensya Sitohang di Kantor Staf Presiden, Rabu (12/2/2020).

    "Itu data sampai jam 4 kemarin sore. Berharap yang dua (spesimen) akan ikut menggenapi yang negatif sebelumnya," sambungnya.

    Dia memastikan hingga kini belum ada kasus virus corona di Indonesia. Vensya juga menjamin bahwa pemeriksaan spesimen yang dilakukan Kemenkes sudah sesuai dengan standar World Health Organisation (WHO).

    "Kita harap tak ada lagi kasus yang bertambah, orang yang memiliki gejala yang mirip (Corona) yang akan diperiksakan kesehatannya," ujarnya.

    Sebelumnya, Kepala Balitbang Kemenkes Siswanto menjelaskan bahwa spesimen itu diperiksa dengan cara Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dapat mendeteksi langsung virus corona. Caranya yakni, RNA diekstrasi terlebih dahulu kemudian ditambah reagen tertentu

    "Kemudian ujungnya masuk mesin PCR kurang lebih 2 jam. Total waktu satu hari untuk memeriksa itu," jelas Siswanto di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin 10 Februari 2020.

    Untuk itu, Kemenkes memastikan bahwa Indonesia mampu mendeteksi virus corona. Pasalnya, virus corona tersebut dinilai mirip dengan H5N1 atau flu burung hingga virus MERS.

    "Jadi saya hanya ingin katakan bahwa selama ini ada berita-berita yang menyangsikan. Jadi kita mampu. Karena kita sudah pengalaman dalam flu burung hingga Mers Cov," tutur Siswanto.

    # Wik | Kemenkes/Reporter: Lizsa Egeham

    No comments

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa