• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Pesan Natal 2019, Jokowi Contohkan Persahabatan Gus Dur dan Romo Mangun

    Presiden Jokowi berdialog dengan umat Kristiani dalam acara perayaan Natal Nasional 2019, di SICC, Sentul, Bogor, Jabar, Jumat (27/12) malam. (Foto: Ibrahim/Humas)

    SUMBARRAYA, (JABAR). - - - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan, persahabatan sejati sudah lama menjadi roh bangsa Indonesia selama ratusan tahun nenek moyang kita hidup bersama, damai, harmonis dalam persahabatan, dalam persaudaraan yang tulus, yang sejati tanpa membeda-bedakan agama, suku, dan ras.

    “Nilai-nilai persaudaraan inilah yang mengikat keindonesiaan kita di masa lalu, di saat ini, maupun di masa yang akan datang,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada Perayaan Natal Nasional Tahun 2019, di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Jumat (27/12) malam.

    Dengan hidup sebagai satu saudara, satu sahabat, menurut Kepala Negara, kita akan sigap mengulurkan tangan jika saudara-saudara kita dalam kesusahan. Dengan hidup sebagai satu saudara, satu sahabat, membuat kita selalu mudah menyodorkan solidaritas ketika saudara kita memerlukan bantuan.

    Dengan hidup sebagai satu saudara, satu sahabat, membuat kita tidak ragu untuk saling mengingatkan. Dengan hidup sebagai satu saudara dan satu sahabat, lanjut Kepala Negara,juga tidak pernah sulit kita semuanya untuk bergandengan dengan bergotong-royong berkolaborasi untuk mencapai tujuan besar bangsa kita, Indonesia.

    Presiden Jokowi menunjuk contoh keteladanan yang diberikan tokoh-tokoh bangsa Indonesia tentang indahnya, berharganya persahabatan dan persaudaraan, sebagaimana dilakukan oleh pendiri Masyumi, tokoh Islam terkemuka Mohammad Natsir yang bersahabat dengan Ignatius Jonathan Kasimo sebagai seorang tokoh Katolik.

    “Ketika Hari Raya Natal, Bapak Natsir selalu berkunjung ke rumah Bapak I. J. Kasimo. Sebaliknya, pada saat Idulfitri, Bapak I. J. Kasimo juga datang berkunjung ke rumah Bapak Natsir,” ungkap Presiden seraya menambahkan, inilah teladan indahnya persahabatan di antara dua tokoh bangsa.

    Demikian juga dengan cerita keakraban Gus Dur (KH. Abdurrahman Wahid) dengan Romo Mangun (YB. Mangunwijaya), menurut Presiden, juga bisa menjadi inspirasi bagi kita semuanya bagaimana Pancasila diwujudkan dalam persahabatan yang nyata.

    “Mereka tidak mempersoalkan perbedaan. Mereka berbeda agama tetapi tetap bersahabat seperti bersaudara,” tutur Kepala Negara.

    Namun Kepala Negara juga mengingatkan bahwa dalam perjalanan sejarah kita juga sering diuji apakah kita mampu menjaga kebersamaan di antara kita, apakah kita mampu merawat persaudaraan dan persahabatan di antara kita. Dan pada momen-momen tertentu ada saja yang mencoba-coba mengganggu kedamaian hubungan antarsuku, antaragama, menggoyang-goyang keharmonisan hubungan kita semuanya, atau bahkan menebar kebencian dan intoleransi dalam kebersamaan kita.

    “Tapi saya yakin, saya meyakini dengan semangat persaudaraan dan persahabatan yang sangat kuat, kita akan selalu mampu menghadapi semuanya. Saya memiliki keyakinan itu,” tegas Kepala Negara.

    Perayaan Natal Nasional 2019 yang mengambil tema “Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang” itu dihadiri oleh Presiden ke-5 RI Megawati Soekarno Putri, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan, Menko PMK Muhadjir Effendy, Mensesneg Pratikno, Menag Jenderal (Purn) Fahrul Razi, Mensos Juliari P. Batubara selaku Ketua Panitia, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil, Menkop UKM Teten Masduki, Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang, Menkumham Yasonna H. Laoly, Menkominfo Jhonny G. Plate, Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Aziz, dan Wamen Desa PDTT Budiari. 

    # Wik | Setkab/EN/GUN/HIM

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa