• Breaking News

    The Rising Star Sumbar, Faldo Maldini

    Faldo Maldini pidato politik Sumangaik Baru di Padang (ist)
     Faldo Maldini saat pidato politik di Pangeran Beach



    Tak terbantahkan Sumatera Barat merupakan salah satu Provinsi  yang hebat di Indonesia. Hingga kini banyak tokoh politik asal Sumatera Barat terkenal dan menjadi panutan di Indonesia. Bukan hanya satu atau dua tokoh politik yang terkenal, mungkin puluhan tokoh politik sejak zaman sebelum kemerdekaan dan sesudah kemerdekaan sangat di segani di Indonesia bahkan di dunia lahir dari bumi Minang Kabau. 

    Seperti kita ketahui kiprah Sutan Syahrir, M.Hatta, Tan Malaka, dan banyak lagi adalah politikus-politikus handal asal Sumatera Barat yang telah malang melintang sejak bahkan sebelum Indonesia ini ada.

    Kini sosok Faldo Maldini anak muda asli Minang Kabau tepatnya di Pesisir Selatan mencuat di kancah perpolitikan Indonesia. Faldo Maldini mulai santer terdengar ketika dirinya digadang-gadang maju sebagai calon Wali Kota di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Padang 2018. Meski urung ikut berkompetisi di gelaran Pilkada serentak lalu, nama Faldo kadung terhembus sebagai wajah segar politik Indonesia masa depan.

    Siapa Faldo Maldini

     

    Faldo tidak seperti anak muda yang terjun ke politik kebanyakan; ia tidak punya koneksi kuat di partai politik, tidak punya tante atau om yang menduduki jabatan strategis tertentu di badan usaha milik negara (BUMN), atau “temannya papa” di pemerintahan. Ayahanda Faldo adalah seorang pedagang, sedangkan ibunya bekerja di sektor swasta.


    Faldo aktif di dunia aktivis mahasiswa, pegiat sosial dan pengusaha sebelum terjun di dunia politik. Berikut ini beberapa profil yang perlu kamu ketahui tentang sosok Faldo Maldini:

     1. Pendidikan 

    Pendidikan Faldo Maldini cukup mencuri perhatian. Lulus SMAN 3 Padang dia kuliah di Universitas Indonesia jurusan Fisika. Setelah lulus ia kemudian melanjutkan kuliah pascasrajana di bidang Plastic Electronic Materials di Department of Physics of Imperial College London.

    2. BEM UI 

    Faldo Maldini yang beragama Islam ini juga pernah menjadi Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI). Faldo juga sering melakukan riset yang dipublikasikan di dalam dan luar negeri mewakili UI dan Indonesia. Bahkan risetnya beberapa kali mendapat gelar juara pada tingkat nasional mewakili Universitas Indonesia pada 2010.

    Dia juga meraih juara 3 pada kompetisi Mahasiswa Berprestasi pada 2011.

    3. Ketua PPI UK

    Ketika kuliah di London, suami dari Davrina Rianda Davron ini menjabat sebagai Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia di United Kingdom (PPI UK) 2013/2014. Bakat kepemimpinannya diapresiasi oleh PPSDMS NF dan Goodwill International Scholarship dengan memberikkan beasiswa kepemimpinan pada Faldo.

    Sebagai Ketua PPI UK, Faldo memimpin 32 cabang yang dimiliki organisasi tersebar di berbagai wilayah di Inggris.

    4. Wasekjen PAN

    Pada tahun 2018, Faldo menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Amanat Nasional (PAN). Sebagai Wasekjen, tugas Faldo antara lain meliputi koordinasi dengan DPW dan DPC di daerah.

    5. Resmi Mengundurkan Diri dari PAN

    Pendiri Komunitas Pulangkampuang ini resmi mengundurkan diri dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan jabatannya sebagai Wakil sekretaris Jendral. Faldo mengatakan surat pengunduran diri tersebut telah diberikan ke Sekjen PAN Eddy Soeparno.

    Faldo mengatakan, pengunduran diri ini dilakukan setelah melakukan diskusi dengan Eddy. Tidak hanya itu, Faldo juga menyebut, dirinya juga berkonsultasi dengan Zulhas.




    Faldo dengan Pimpinan Perusahaan Sumbarraya

    "Saya menyatakan resmi mengundurkan diri dari Partai Amanat Nasional, setelah dua kali berkonsultasi dengan Ketua Umum PAN Bapak Zulkifli Hasan dan tiga kali berdiskusi dengan Sekertaris Jendral PAN Bapak Eddy Soeparno," kata Faldo Maldini. 

    Faldo Maldini  Sumangaik Baru  Sumatera Barat 

    "Sumatera Barat adalah gerbang Indonesia yang harus mengambil bagian dalam kompetisi regional. Faldo merupakan salah satu kepemimpinan yang dapat menginspirasi anak-anak muda di Sumbar," demikian diungkapkan Raja Juli Antoni Sekjen PSI dalam acara penyerahan SK Ketua DPW Sumbar, Minggu (27/10).

    Setelah dipercaya menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Sumbar periode 2019-2024, Faldo Maldini menyampaikan pidato politik di Hotel Pangeran Padang, Minggu (27/10/2019). 

    Dia menakan gagasannya itu Sumangaik Sambilan (Semangat Sembilan). "Saya ingin menawarkan Sumangaik Sambilan untuk perubahan Sumbar ke arah yang lebih baik," katanya di Padang, Minggu (27/10) malam.

    Program itu, Sumangaik Baraja dan Sumangaik Mangaji yang berisi gagasan tentang pendidikan, Sumangaik Raun tentang infrastruktur pendukung, Sumangaik Manggaleh berisi gagasan tentang industri dan Sumangaik Bakawan tentang jejaring dan hubungan kerja sama.

    Lalu, Sumangaik Malayani tentang pelayanan publik berbasis partisipasi masyarakat, Sumangaik Bajaleh tentang transparansi APBD, Sumangaik Badayo berisi gagasan peningkatan kesejahteraan perempuan dan anak dan terakhir Sumangaik Basegeh tentang inovasi berbagai bidang.

    Pidato politik itu juga sebagai "deklarasi" kesiapan politisi yang malang melintang di pentas nasional saat pemilu presiden lalu itu sebagai salah seorang kontestan dalam Pemilu Gubernur Sumbar 2021.

    #int

    No comments

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa