• Breaking News

    Fadli Zon Dorong Bentuk Pansus Pemindahan Ibu Kota


              Fadli Zon Dorong Bentuk Pansus Pemindahan Ibu Kota
    Foto: Wakil Ketua DPR, Fadli Zon. Fadli Zon Dorong Bentuk Pansus Pemindahan Ibu Kota.
     
    SUMBARRAYA.COM - - - Wakil Ketua DPR, Fadli Zon berencana membuat Panitia Khusus (Pansus) yang akan membahas dan mengkaji tentang Rancangan Undang-undang tentang pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur. 

    Hal itu ia katakan untuk merespons rencana Presiden Joko Widodo yang hendak memindahkan Ibu Kota ke Kaltim beberapa waktu lalu. 

    "Kalau memang diperlukan untuk pansus, saya kira ini kan lintas [Komisi] ya. Mestinya lintas komisi tidak hanya satu komisi Panja ya, saya kira ini lintas diperlukan itu (Pansus) untuk membahas dan juga langkah-langkah berikutnya," kata Fadli di Kompleks MPR/DPR, Jakarta, Rabu, 28 Agustus 2019.
     
    Lebih lanjut, Fadli mengatakan pemindahan Ibu Kota ke Kaltim oleh Jokowi baru sebatas niat awal. Guna menindaklanjuti, Fadli mengatakan pemerintah dan DPR perlu melakukan kajian serius dan butuh berbagai dokumen pendukung untuk memuluskan niat tersebut. 
     
    "Tetapi sebagai sebuah rencana, kita belum lihat bagaimana roadmap-nya seperti apa. Baru pake Powerpoint-poweroint sederhana aja kita lihat ya," kata dia. 

    Lebih lanjut, Fadli memprediksi pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kaltim oleh Jokowi nantinya tak akan terjadi dan hanya sekadar wacana. Ia lantas mengibaratkan wacana pemindahan Ibu Kota itu seperti rencana Jokowi yang ingin menjadikan Mobil Esemka sebagai Mobil Nasional sebum Pilpres 2014 digelar, 

    "Tapi sekarang kita masih terseok-seok dan apalagi di situasi ekonomi global seperti sekarang, menurut saya ini nanti nih presiden nanti ujungnya cuma jadi angan-angan aja gitu loh. Seperti Esemka, diomongin ga jadi," kata dia. 

    Melihat hal itu, Fadli mengatakan kemungkinan besar wacana pemindahan Ibu Kota itu tak akan berhasil bila sebagian besar fraksi di DPR tak menyetujuinya. 

    Terlebih lagi, isu pemindahan Ibu Kota itu akan gagal apabila rencana itu tertutup oleh isu lain yang lebih besar di kemudian hari. 

    "Bisa dong [digagalkan]. Bisa saja tetep di Jakarta kok. apalagi tiba tiba nanti tahun depan urusannya udah lain, mati listrik lagi misalnya. kemudian apa. orang juga lupa ya kan. nanti liat saja lah apa yang saya omongin hari ini," kata Fadli.

    (Source: cnnindonesia.com)

    No comments

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa