• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Gubernur Irwan Minta Pemkab dan Pemko Dorong Peningkatan Kompetensi Wartawan

            Gubernur Irwan Minta Pemkab dan Pemko Dorong Peningkatan Kompetensi Wartawan
    Gubernur Irwan Prayitno saat menerima audensi Ketua PWI, Heranof dan pengurus lainnya.

    SUMBAR RAYA.COM,  - - - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno meminta Pemerintah Kabupaten dan Kota ikut mendorong kegiatan keprofesionalitasan profesi wartawan di daerah masing-masing sesuai aturan yang berlaku. Hal itu disampaikannya saat audensi Ketua Persatuan Wartawan Indonesian (PWI) Cabang Sumatera Barat, Heranof dan pengurus lainnya, Sabtu, 17 November 2018.
     
    "Kita senang dengan kegiatan peningkatan kompetensi wartawan sebagai upaya mendorong tumbuhnya wartawan profesional dalam profesinya, sehingga akan lahir berita yang mencerdaskan masyarakat. Pergub nomor 30 tahun 2018 tentang standarisasi kerjasama pemerintah dengan media massa merupakan upaya meningkatkan marwah media di Sumbar, bagaimana wartawannya memiliki kompetensi yang diharuskan UU No. 40/1999 tentang pokok pers dan keberadaan Dewan Pers mewujudkan pers Indonesia yang mandiri dan profesional," tegas Irwan Prayitno. 
     Untuk menyambut niat baik ini,  kepada Biro Humas agar melakukan kajian yang lebih dalam lagi,  jika perlu lakukan revisi pergub tersebut,  untuk mengakomudir bagaimana melahirkan wartawan Sumatera Barat yang profesional,  memiliki integritas diri,  cinta daerah, mandiri,  sesuai aturan yang berlaku. "Kita senang PWI Sumbar mau berkontribusi bekerjasama dengan Humas Pemprov Sumbar melakukan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Jurnalistik Kehumasan yang didalamnya ada Ujian Kompetensi Wartawan (UKW)," tegasnya. 

    Untuk mengapresiasi dedikasi dan karya wartawan jurnalis di Sumbar dirasa perlu dilakukan lomba atau sebuah penghargaan "Rohana Khudus Award ". Ia mengharapkan, Biro Humas Sumbar secepatnya merencanakan program ini dalam kegiatannya, minimal untuk anggaran perubahan tahun 2019.
     
    Sementara itu, Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus mengungkapkan, sejalan dengan upaya melahirkan wartawan yang kompeten dan profesional, PWI mengajak para Kepala Daerah Bupati dan Walikota, bersama-sama melaksanakan UKW bagi wartawan di daerahnya. Mulai tahun depan, peserta UKW harus mulai mengambil dari jenjang wartawan muda. Dari muda ujian lagi ke tingkat Madya dan terakhir mencapai jenjang Wartawan Utama. 

    "Tahun depan, tidak boleh langsung seperti sekarang, peserta UKW bisa langsung jadi Wartawan Utama yang menjadi level Pemred, Wapemred atau Penanggungjawab," ujarnya. 

    Penyelenggaraan Bimtek Jurnalistik Kehumasan akan diselenggarakan akhir bulan November 2018. Peserta Bimtek akan diundang oleh Biro Humas sementara untuk perserta UKW akan dilakukan seleksi oleh PWI Sumbar sesuai standar muda, madya dan utama.
     
    #    Zardi Syahrir

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa