• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Lewat Job Fair, Tampung Pencari Kerja di Padang

    Sebanyak 42 perusahaan lokal dan nasional ikut ambil bagian serta 2 dari instansi pemerintah yaitu BP3TKI dan BLK Kota Padang,
    SUMBAR RAYA.COM, - - -

    Pemerintah Kota (Pemko) Padang terus berupaya mengurangi angka pengangguran meski telah mampu menurunkannya dari tahun ke tahun. Sebagaimana di tahun 2017, tingkat pengangguran terbuka di Kota Padang sebesar 9,44 persen dibanding sebelumnya 14,28 persen. 
    Hal ini menandakan jumlah penduduk Kota Padang yang masih mencari pekerjaan sebanyak 39.844 jiwa di tahun 2017. Sementara pada tahun sebelumnya jauh lebih banyak yakni sebanyak 61.020 jiwa. 
    “Untuk terus menekannya lagi, Pemko Padang melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) memfasilitasi para pencari kerja (pencaker) dengan kembali menggelar Job Fair atau pameran kesempatan kerja. 
    Sebanyak 42 perusahaan lokal dan nasional ikut ambil bagian serta 2 dari instansi pemerintah yaitu BP3TKI dan BLK Kota Padang,” terang Asisten Ekbang Kesra Hermen Peri sewaktu mewakili Walikota Padang membuka Job Fair di G-Sport Center jalan Gajah Mada No.105, Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Rabu (5/8). 
    Kegiatan ini berlangsung selama dua hari Rabu dan Kamis (5-6/9) dengan jadwal dan waktu yang telah ditentukan. 
    Hermen Peri mengatakan, dalam meningkatkan peluang kerja di Kota Padang Pemko Padang juga memiliki strategi dengan menambah investor yang masuk di Kota Padang. Selain itu juga meningkatkan pariwisata dan perdagangan yang memiliki multiefek, sehingga memerlukan tenaga-tenaga kerja yang handal di beberapa posisi yang diinginkan.
    “Apabila masih ada juga yang masih menganggur, Pemko Padang melalui Disnakerin dan OPD terkait akan menyiapkan mereka untuk bekerja mandiri dan dikhususkan. Sehingga mereka nantinya menjadi terampil dan memiliki keahlian tertentu, terutama bisa berwiraswasta dengan baik yang tentunya juga menciptakan peluang kerja bagi yang lain,” jelasnya.
    Kepala Disnakerin Kota Padang, Zabendri menyampaikan, Job Fair ini merupakan kegiatan tahunan yang digelar dalam rangka menurunkan angka pengangguran terbuka di Kota Padang melalui perluasan kesempatan kerja. 
    Upaya ini mengacu Peraturan Menteri Tenaga kerja No.39 tahun 2016, dimana menegaskan bahwa penyelenggaraannya tidak melakukan pungutan biaya dalam bentuk apapun kepada pencaker. 
    ‘'Melalui kegiatan ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan penempatan tenaga kerja sektor formal, sekaligus menghindari terselenggaranya pameran kesempatan kerja swasta yang tidak resmi bahkan memungut biaya kepesertaan kepada pencari kerja,” terangnya.
    Selanjutnya Zabendri menyebutkan, terkait mekanisme perekrutan peserta Job Fair yaitu direkrut melalui identifikasi langsung ke perusahaan yang dilaksanakan oleh petugas. 
    “Insyaallah, diharapkan pada Job Fair ini menyerap tenaga kerja lebih dari 1000 pencaker di Kota Padang. Untuk itu kepada seluruh pencari kerja di Kota Padang mari kunjungi pameran kesempatan kerja Job Fair ini dengan menyiapkan persayaratan yang ditentukan,” tukasnya. (David)
    Berikut daftar nama 42 perusahaan yang ikut partisipasi Job Fair 2018 :
    Mercure Hotel / Padang
    PT. Bussan Auto Finance
    PT. Sinar Sosro
    PT. Mandala Finance
    Amaris hotel Padang
    PT. Honda Gajah Motor
    PT. Padang Distribusindo Raya
    PT. Japfa Comfeed Indonesia
    PT. Statika Mitra Sarana
    PT. Adira Finance
    Bank BTPN Syariah
    PT. Andalas Berlian Motors
    PT. Bhinneka Life Indonesia
    Axana Hotel
    PT. Tazar Guna Mandiri
    PT. Paragon Technology and Innovation
    Toyota Intercom
    PT. Prima Karya Sarana Sejahtera
    JT .Express 20. Auto 2000
    PT. Trans Retail Indonesia
    Bunda Hotel
    Bank sinar Mas
    PT. Sinergi prima servisindo
    Kisel (Kop. Telekomunikasi Seluler)
    My All Hotel
    PT. Adi Sarana Armada,T,bk
    PT. Gondari Media Pratama
    PT. Coca Cola
    PT. Gunung Naga Mas
    BLK Padang
    Daima Hotel Padang
    PT. JNE
    PT. Andalan Mitra Prestasi
    Favehotel Olo Padang
    BP3TKI Kemenaker RI
    PT. Maju Global Motor (Dealer Wuling Padang)
    PT. Richeese Kuliner Indonesia
    PT. Datascrip
    Bank Mandiri
    Ibis Hotel
    PT. Matahari Departemen Store
     
    # IMPIANNEWS.COM 

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa