• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Sajian Istimewa Idul Adha Daging Kurban Masih Sisa? Simpan dengan Cara Ini Agar Awet


    Foto: iStock Foto: iSt
      
    Kalau masih punya stok daging kurban, sebaiknya simpan dengan tepat agar terjaga kualitasnya. Saran dari chef ini bisa jadi panduan.
    Jatah pembagian daging kurban biasanya cukup banyak. Jika masih mau mengolahnya nanti, pastikan menyimpannya dengan tepat supaya tetap segar dan berkualitas.

    Kepada detikFood (21/8), Chef Ragil Imam Wibowo berujar, "Kalau menyimpan daging kurban, cara terbaiknya dimasukin ke dalam freezer ya. Kalau di freezer bisa tahan lama. Tapi daging harus dibungkus dulu dengan plastik, agar kualitas daging tidak terkontaminasi dengan makanan lain yang ada di kulkas."

    Daging Kurban Masih Sisa? Simpan dengan Cara Ini Agar AwetFoto: iStock

    Baca Juga: 3 Chef Ini Punya Tips Jitu untuk Mengolah Daging Sapi dan Kambing Agar Empuk

    Selain membungkus dengan plastik, Chef Ragil juga merekomendasikan penggunaan wadah kedap udara. "Jadi tidak meninggalkan aroma juga," lanjutnya.

    Senada dengan Chef Ragil, Chef Stefu mengatakan daging idealnya disimpan di freezer kalau tidak ingin segera diolah. Namun jika langsung diolah, ia mengatakan suhu ideal penyimpanannya berkisar 3-4 derajat celsius.

    "Jadi baiknya setelah daging dibersihkan, dimasukan ke dalam wadah yang tertutup rapat. Lalu bisa taruh diatas bongkahan es, agar daging bisa mencapai suhu 3-4 derajat. Itu cara penyimpanan untuk daging yang akan segera di olah," jelasnya.

    Daging Kurban Masih Sisa? Simpan dengan Cara Ini Agar AwetFoto: iStock

    Saat ingin menyiapkan daging, Chef Stefu menekankan agar tidak langsung menyiram daging beku dengan air karena bisa merusak rasa dan teksturnya. "Rencanakan beberapa jam sebelumnya, dengan mengeluarkan daging dari freezer ke bagian bawah kulkas, jadi kristal es-nya bisa cair dengan alami," kata chef AMUZ Gourmet Restaurant ini.

    Alternatif lainnya adalah mengaliri daging beku dengan air dingin secara perlahan. "Jangan gunakan air panas, karena bisa merusak tekstur daging," pungkas chef ramah ini.
     
    # detikfood

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa