• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    WABUP ZULDAFRI BUKA SOSIALISASI ADVOKASI DAN PENGARUSUTAMAAN GENDER


    Sumbar Raya - - - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar  melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) melaksanakan Sosialisasi  Advokasi dan Fasilitasi Pengarusutamaan Gender (PUG) bagi pengelola perencana SKPD. Guna mengoptimalkan  perencanaan pembangunan yang terintegrasi dalam berbagai sektor pembangunan daerah di Kabupaten Tanah Datar, Selasa (15/11) di Gedung TP-PKK komplek Indojolito Batusangkar yang dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Zuldafri Darma.

    PUG adalah suatu strategi maupun pendekatan untuk mencapai kesetaraan bagi perempuan dan laki-laki. PUG ini memerlukan kebijakan, program kegiatan yang berperspektif gender. Dalam menyusun anggaran yang responsive gender, bagian perencanaan di masing-masing SKPD harus dapat menyusun anggaran yang mampu mengakomodasi keadilan bagi perempuan dan laki-laki dalam memperoleh akses, manfaat, berpartisipasi dalam mengambil keputusan dan mengontrol sumber-sumber daya serta kesetaraan terhadap kesempatan dan peluang dalam menikmati hasil pembangunan.

    Wakil Bupati Zuldafri Darma dalam sambutan keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah sangat tergantung dari peran serta lelaki dan perempuan sebagai pelaku pembangunan dan saat ini pemerintah telah berkomitmen untuk melaksanakan pengarusutamaan Gender sebagai salah satu strategi menuju tercapainya kesetaraan dan keadilan gender.

    Kepada peserta Wabup mengharapkan untuk mengikuti sosialisasi ini dengan baik dan nantinya dapat diaplikasikan di lingkungan tempat kerja masing-masing dengan tujuan dapat meminimalisir kejadian-kejadian yang membedakan kesetaraan gender, harap Wabup

    Sementara itu Kepala Badan PMPKB Hernita mengatakan pelaksanaan sosialisasi PUG bagi pengelola perencana SKPD di Tanah Datar dalam rangka mencapai kesetaraan dan keadilan gender melalui kebijakan dan program perencanaan pembangunan yang terintegrasi dalam berbagai sektor pembagunan daerah yang didasari instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 15 tahun 2008 tentang Pedoman Umum pelaksanaan Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan daerah.

    Sosialisasi berlangsung selama sehari diikuti oleh SKPD, unsur legislatif dan sekretaris camat, Ketua P2TP2A Tanah Datar dan organisasi wanita se Tanah Datar, dengan narasumber langsung dari Deputi Bidang Kesetaraan Gender pada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Ciput Purwanti, pungkas Hernita. (humas/eri)

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa