• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Kemenag RI Tetapkan Awal Puasa 1 Ramadhan 1445 H dari Pantauan 134 Lokasi


    Ilustrasi Pantauan Hilal

    SUMBARRAYA.COM, - - -

    Pada tahun 2024, awal Ramadan 1445 H dijadwalkan oleh tiga lembaga utama: PP Muhammadiyah, Nahdatul Ulama (NU), dan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama. 

    Menurut PP Muhammadiyah, awal puasa dijadwalkan pada hari Senin, 11 Maret 2024, berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal. Hal ini ditegaskan dalam Maklumat Nomor 1/MLM/I.0/E/2024, yang juga mencakup hasil hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1445 Hijriah.

    Sementara itu, NU memperkirakan awal Ramadan jatuh pada tanggal 12 Maret 2024, berdasarkan estimasi dari Lembaga Falakiyah PBNU yang akan melakukan rukyatul hilal pada hari Minggu, 10 Maret 2024.

    Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat pada 10 Maret 2024 untuk menentukan awal puasa Ramadan 1445 H. Sidang ini akan diadakan di Auditorium H.M Rasjidi, Kementerian Agama, Jakarta Pusat, secara hybrid (daring dan luring).

    Sidang isbat akan melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, serta dihadiri oleh para duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), serta undangan lainnya.

    Proses sidang isbat akan terdiri dari tiga tahap. Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 H berdasarkan hasil hisab oleh Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama. Tahap ini akan disiarkan secara langsung di Channel Youtube Bimas Islam.

    Kedua, penetapan awal Ramadan 1445 Hijriah dilakukan secara tertutup setelah Salat Magrib, dengan merujuk pada hasil rukyatul hilal yang dilakukan di 134 lokasi di seluruh Indonesia.

    Tahap ketiga adalah konferensi pers untuk mengumumkan hasil sidang isbat, yang juga akan disiarkan melalui media sosial Kementerian Agama.

    Kementerian Agama juga akan melakukan pemantauan hilal awal Ramadan 1445 H di 134 titik yang tersebar di seluruh Indonesia.

    (*)

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa