• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Irwan Basir: Pemimpin Harus Melayani Bukan Dilayani

    SUMBARRAYA.COM, - - -

    Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir, SH, MM Datuak Rajo Alam didampingi Sekertaris Akhiruddin, S.Pd dan pengurus LPM Kecamatan dan Kelurahan dalam rangka silaturahmi dan berbuka puasa. Bertempat di Hotel Kawana, Jalan Tamrin, Kota Padang, pada hari Selasa (18/04/2023)

    Irwan Basir mengatakan, sebagai negara yang menganut sistem ekonomi Pancasila, peran negara sangat kuat dalam alokasi, distribusi dan stabilisasi sumber daya

    Ini membawa konsekuensi seorang pemimpin dalam proses pembangunan tidak bisa disebutkan dalam level ekstrem seperti “sangat absolut” atau “sangat minor”, tetapi berorientasi pada penciptaan kesejahteraan bagi masyarakat, ujarnya.

    Lebih lanjut, Irwan Basir pada konsep permulaannya komposisi partisipasi pembangunan justru lebih besar diberikan kepada rakyat sebagai representasi prinsip demokrasi dan seorang pemimpin justru hanya berfungsi sebagai stabilizer.

    Itu artinya kata mantan Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat ini. Bila ada muncul ketimpangan kesejahteraan, peningkatan kemiskinan, dan instabilitas sosial muaranya tentu pada “lakek tangan” seorang pemimpin.

    Pada tahap inilah figur pemimpin layaknya seorang Satria Piningit atau penyelamat sangat diharapkan kehadirannya, tuturnya Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX Kecamatan Kuranji ini.

    Orang nomor satu DPD LPM Kota Padang menyampaikan, ini adalah merupakan sebuah kota tempat berhimpunnya masyarakat yang ada di semua kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Sumbar.

    Jadi, sebagai ibukota provinsi, naif rasanya bila Kota Padang bisa kalah dengan Bukittinggi dan daerah-daerah lain.

    Padang ini tidak ada lagi terminal, tidak ada lagi pasar dengan pola-pola tradisional yang orientasinya menghidupkan sendi-sendi ekonomi mikro yang ada di tengah masyarakat

    Oleh sebab itu, calon pemimpin Kota Padang ke depan harus bisa memetakan kembali potensi-potensi yang ada di kota ini, katanya.

    Selain itu, Irwan Basir menyampaikan jumlah kecamatan di Kota Padang ada 11 dan kelurahan 104 yang masing-masingnya memiliki potensi yang beragam.

    Potensi itu harus ada ikonnya, yang bisa menghasilkan sumber peningkatan kesejahteraan masyarakat yang bisa menghidupkan pilar-pilar dan aspek-aspek pembangunan serta aspek pemberdayaan di daerah yang ada.

    “Jadi potensi di masing-masing kecamatan yang ada tidak bisa disamakan semuanya. Di sini harus dibutuhkan kejelian seorang kepala daerah membacanya secara seksama,” ujarnya pria yang akrab disapa Datuk IB ini.

    Bahkan Irwan Basir sempat mengungkapkan rasa gundahnya manakala menyoal investasi yang tak pernah masuk ke Kota Padang beberapa periode belakangan.

    Kalau pun ada, itu hanya sekedar kunjungan – kunjungan investor belaka yang baru ada dan investasi itu tak pernah tinggal di kota ini.

    Pemimpin kota itu bukan pemimpin yang harus dilayani, tapi pemimpin yang jeli dalam melihat kebutuhan rill dan bisa membawa persoalan kotanya ke tingkat yang lebih tinggi dan bukan sekedar wacana, tapi harus langsung implementasi, tuturnya.

    Menambahkan, Irwan Basir tak kalah pentingnya seorang kepala daerah harus jeli melakukan pemetaan sumber daya manusia (SDM) untuk didudukan menjadi kepala organisasi perangkat daerah, mulai dari kepala dinas hingga camat dan lurah.

    Ia pun memberi contoh dalam mendudukkan seorang camat atau lurah, misalnya di Pasir Jambak yang memiliki potensi wisata.

    Jadi yang harus ditempatkan adalah lurah dan camat yang memiliki visi dan misi pariwisata serta memiliki potensi untuk mengembangkan daerah tersebut, pungkasnya.

    Dalam acara yang juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kota Padang yang juga merupakan Wakil Ketua Badan Anggaran DPRD Kota Padang, Amril Amin, S.AP itu, banyak hal yang dibahas. 

    (Dp/F. Fahlevi)

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa