• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Pengamat: Capres Pilihannya Jokowi Akan Diusung Oleh KIB


    SUMBARRAYA.COM, - - - 

    Pengamat politik Universitas Andalas Sumatera Barat Asrinaldi menilai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) berpotensi mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 jika PDIP tidak mendukungnya. 

    "Kalau PDIP sudah deklarasi dan bukan Ganjar yang diusung, maka aman dan KIB akan mendeklarasikan itu (Ganjar)," kata Asrinaldi di Padang, Rabu.

    Artinya, sambung Asrinaldi, saat ini KIB yang terdiri atas Partai Amanat Nasional (PAN), Golkar, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hanya menunggu partai besutan Megawati Soekarnoputri itu untuk mendeklarasikan calon presiden yang akan diusung pada Pilpres 2024.

    Dari kaca mata politik, dosen Unand tersebut menyakini KIB sengaja dibentuk untuk menyiapkan calon presiden potensial yang tidak mendapatkan dukungan dari partai untuk bertarung di pesta demokrasi lima tahunan itu. 

    "Itu (KIB) kendaraan untuk orang-orang yang disiapkan Pak Jokowi, saya memahaminya seperti itu," kata Asrinaldi.

    Oleh karena itu, katanya, hingga kini KIB tak kunjung mendeklarasikan nama calon presiden yang akan diusung karena masih menunggu sikap PDIP mengusung Puan Maharani atau Ganjar Pranowopada Pilpres 2024.

    Ia mengatakan jika akhirnya PDIP mengusung Puan Maharani, maka tidak ada beban bagi Ganjar Pranowo.

    Sebaliknya, jika Ganjar terlebih dahulu mendeklarasikan diri atau dideklarasikan maju pada Pilpres 2024 maka bisa "blunder".

    "Jadi kuncinya ada di PDIP, apakah akan membawa Ganjar dalam deklarasi itu sebagai calon presiden atau melepaskan Ganjar," katanya.

    Terkait siapa nama yang bakal diusung PDIP,Asrinaldi berpandangan hal itu bisa menjadi sebuah pilihan dilematis karena dua nama yang digadang-gadang bakal maju, yakni Puan Maharani dan Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas yang berbeda jauh.

    Sumber: Konten Jatim

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa