• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Jokowi Sebut Nama-nama Tokoh yang Berpotensi Jadi Capres, Hasto Sebut Sebagai "Endorsement" Politik


    SUMBARRAYA.COM, - - - 

    PDI-P menilai, langkah Presiden RI Joko Widodo menyebut politikus-politikus yang digadang-gadang maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024 dalam acara perayaan Harlah ke-50 PPP, Jumat (17/2/2023), sebagai endorsement politik.

    Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto menegaskan bahwa Jokowi selalu memantau "ekspektasi rakyat" terhadap calon-calon pemimpin nasional yang dipersepsikan positif oleh masyarakat.

    "Dan itu bagian dari endorsement yang selalu Pak Presiden lakukan ketika menghadiri HUT Partai, sehingga menunjukkan kapasitas Beliau sebagai pemimpin nasional," kata Hasto ditemui wartawan di Lebak, Banten, Minggu (19/2/2023).

    Ia juga menyinggung insiden hampir lupanya Jokowi menyebut Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono sebagai bakal calon presiden.

    Menurut dia, hal yang terpenting adalah pada akhirnya Jokowi tidak lupa menyebut nama AHY.

    "Ketika hampir kelewatan dan kemudian ada yang mengingatkan dan kemudian disebut oleh Presiden Jokowi, artinya Beliau memberikan ruang bagi seluruh tokoh untuk tampil dan memberikan opsi yang terbaik bagi rakyat," kata Hasto.

    Namun demikian, Hasto menegaskan bahwa bagi PDI-P, calon presiden yang akan diusung adalah kader mereka sendiri dan merupakan hak prerogatif Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

    "Kami secara rutin melakukan dialog, khususnya antara ibu Megawati Soekarnoputri dengan Bapak Presiden. Dalam dialog itulah dibahas hal-hal yang khusus terkait calon pemimpin nasional ke depan," ujar dia.

    Dalam acara Harlah PPP, Jokowi mulanya bertanya kepada para hadirin mengenai sosok capres dan cawapres yang mau PPP usung.

    Lalu, dia mengatakan, semua tokoh yang berpotensi menjadi capres atau cawapres hadir dalam acara tersebut.

    PPP memang mengundang sejumlah menteri hingga ketua umum partai politik.

    "Saya mau bertanya, PPP ini calonnya siapa sih? Karena di sini hadir semua lho. Ini hadir semua calon-calon presiden dan wakil presiden," ujar Jokowi di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Jumat (17/2/2023).

    Jokowi lalu menyebutkan satu per satu capres dan cawapres yang berpotensi maju di Pilpres 2024.

    Mereka di antaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, serta Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

    "Yang saya kenal, ada Pak Prabowo, yang saya tahu juga ada Pak Erick Thohir, yang saya tahu juga ada Pak Sandiaga Uno, yang saya tahu juga ada Pak Mahfud MD," tutur dia.

    Jokowi kemudian berhenti sejenak sembari melihat ke pejabat-pejabat yang hadir. Ia sadar hampir lupa menyebut AHY dalam daftar capres-cawapres yang berpotensi maju.

    "Saya hampir lupa, juga ada Mas AHY. Dan tentu saja ada Ketua Umum PPP. Masih ada yang belum saya sebut ndak?" kata Jokowi diiringi tawa hadirin.

    Sumber: Kompas.com

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa