• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Wabup Rahmang Resmikan MTQ ke 48 tingkat Kecamatan Padang Sago.


    SUMBARRAYA.COM, - - -

     Wakil Bupati Padang Pariaman Drs. Rahmang, MM. pada Sabtu (26/3) membuka dengan resmi Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-48 Tingkat Kecamatan Padang Sago, bertempat di Mesjid Sungai Pua Tanjuang Mutuih, Nagari Koto Dalam Barat Kecamatan Padang Sago Kabupaten Padang Pariaman.

    Hadir pada acara pembukaan, Anggota DPRD Padang Pariaman Alfa Edison, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Padang Pariaman Syafrizal, perwakilan BAZNAS, Camat Padang Sago Zarmiati bersama anggota Forkopimca Padang Sago. Kemudian, para Dewan Hakim, Kepala KUA Kecamatan Padang Sago, Wali Nagari Koto Dalam Barat Indra Suhada serta Wali Nagari se Kecamatan Padang Sago, Ninik Mamak, Alim Ulama, Majelis Taklim, anggota Babinsa dan Bhabinkamtibmas, serta para kafilah dan kontingen dari Nagari se Kecamatan Padang Sago.

    Pembukaan MTQ yang berlangsung meriah tersebut, ditandai dengan pemukulan gandang Tambue oleh Wakil Bupati didampingi anggota DPRD Padang Pariaman, Kakan Kemenag, Camat bersama anggota Forkompimca Padang Sago. Selanjutnya, penyerahan Trophy bergilir dari Wali Nagari Koto Baru yang meraih juara umum pada MTQ ke 47 lalu, kepada Camat Padang Sago. Kemudian, dengan pelantikan dewan Juri dan dewan hakim serta pemasangan Toga kehormatan oleh Camat Padang Sago. 

    Dalam sambutannya, Wakil Bupati Rahmang menyampaikan. Bahwa MTQ yang diselenggarakan mulai dari tingkat Nagari, Kecamatan dan tingkat Kabupaten sampai pada tingkat Provinsi Sumatera Barat dan Nasional. Adalah untuk melestarikan dan menjaga kesucian Al-qur’an di muka bumi ini, serta menanamkan nilai-nilai Qurani pada generasi muda sejak dini.

    “Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an adalah usaha kita untuk mensyiarkan agama islam yang kita cintai. Dengan membaca Al qur’an dalam musabaqah ini, tidak saja indah bahasanya dan enak untuk didengar. Akan tetapi lebih dari itu, Al-qur’an diharapkan dapat menjadi cahaya, petunjuk dan rahmat bagi seluruh umat Islam" ulasnya.

    Menurut Wabup, disamping untuk menambah pengetahuan dalam memahami isi kandungan Al-qur’an, juga diharapkan dapat membangun sikap mental dan perilaku spritual umat islam. Sebagaimana tertuang dalam salah satu dari empat kata kunci dari Visi Padang Pariaman Berjaya, yaitu Religius.

    "Hal ini sejalan dengan Visi pembangunan Kabupaten Padang Pariaman, yaitu mewujudkan "Padang Pariaman Berjaya". Kabupaten yang Unggul Berkelanjutan, Religius, Sejahtera dan Berbudaya. Dimana maksud dari Padang Pariaman yang Religius adalah, masyarakat Padang Pariaman yang menjunjung tinggi norma-norma agama, berpegang teguh pada ajaran agama dan menjadikan agama sebagai pondasi dalam kehidupan sehari-hari” jelasnya

    Wabup menambahkan, tujuan dilaksanakannya Musabaqoh ini. Untuk melihat dan menguji, sejauh mana kemampuan anak-anak kita dalam mempelajari, memahami dan mengamalkan kandungan ayat-ayat Al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Baik tingkah laku dalam kehidupan secara pribadi, maupun secara bermasyarakat.

    "Sesuai visi dan misi yang telah ditetapkan, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman akan terus memberikan perhatian terhadap program dan kegiatan untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan serta peningkatan pengamalan agama Islam. Seperti, kegiatan pembinaan anak-anak dalam santri dan pondok al-qur’an, pondok tahfiz, pesantren ramadhan, serta kegiatan keagamaan lainnya," ungkapnya.

    Pada kesempatan itu, Wabup Rahmang  menyampaikan pesan kepada semua kafilah untuk selalu optimis. Tidak boleh pesimis dan terus bekerja keras untuk meningkatkan prestasi. Sehingga nantinya, para kafilah akan mengharumkan nama Kabupaten Padang Pariaman pada setiap iven sampai ke tingkat Nasional, seperti kegiatan MTQ yang kita selenggarakan ini. 

    "Dengan digelarnya musabaqoh ini secara kontiniu sesuai dengan tingkatan usia, Inshaa Allah prestasi Kabupaten Padang Pariaman akan lebih baik dari tahun sebelumnya. Karena akan muncul Qari dan Qariah yang potensial dan berkualitas" tutupnya.

    Sebelumnya, Wali Nagari Koto Dalam Barat Indra Suhada selaku Ketua Panitia melaporkan. Pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Padang Sago ini berlangsung selama 2 (dua) hari, tanggal 26 dan 27 Maret 2022 yang diikuti 200 kafilah dari lima Nagari. Yakni Nagari Koto Baru, Nagari Batu Kalang, Nagari Batu Kalang Utara, Nagari Koto Dalam dan Nagari Koto Dalam Barat.

    Rangkaian kegiatan pembukaan MTQ ke 48 tingkat Kecamatan Padang Sago, ditutup dengan pawai ta'aruf mengitari Nagari Koto Dalam Barat. Yang diikuti oleh seluruh kafilah dan official dari masing-masing Nagari diiringi marching band siswa-siswi MTsN Padang Sago. 

    (Rel)

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa