• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Pakar Ekonomi Rizal Ramli Blak-blakan: Jokowi Akan Power Less...


    SUMBARRAYA.COM, - - -

     Ekonom senior Rizal Ramli blak-blakan menyatakan bahwa demokrasi kriminal dengan wujud presidential treshold atau ambang batas presiden telah merusak sendi-sendi demokrasi.

    Pasalnya, hal itu hanya melahirkan oligarki yang tentunya tidak setia kepada rakyat dan kepada tujuan kemerdekaan.

    Mantan Menko Perekonomian ini pun mengajak semua pihak untuk mengubah agar demokrasi menjadi bersih dan amanah.

    Dengan begitu, demokrasi akan bekerja untuk keadilan dan kemakmuran rakyat, bukan untuk bandar dan oligarki.

    "Baru tahun 2021, Jokowi sudah ditinggalkan oleh rakyat dan partai-partai, padahal masih 3 tahun lagi 2024. Pasca Presiden, Jokowi akan power less tidak ada kekuasaan, almost nobody," jeas Rizal Ramli, dilansir dari GenPI.co, Selasa, 8 Juni 2021.

    Oleh sebab itu, Rizal Ramli memberikan saran kepada Jokowi agar tetap memiliki pengaruh pasca tidak menjadi presiden nantinya.

    Sarannya adalah Jokowi harus mendukung penghapusan presidential threshold menjadi 0 persen.

    "Hanya dengan cara itu, Jokowi punya pengaruh pasca tak jadi presiden. Tinggal pilih, apakah Jokowi ingin punya arti atau ingin tidak berarti?" tegas Rizal Ramli.

    Saat ini, Rizal Ramli mengaku miris dengan kemunduran demokrasi di Indonesia. Bahkan, fakta itu juga terungkap dalam laporan The Economist Intelligence Unit (EIU) mengenai Indeks Demokrasi 2020 yang mencatat bahwa Indeks Demokrasi di Indonesia turun dari skor 6,48 di tahun 2019 menjadi 6,3 di tahun 2020 silam.

    Angka itu merupakan yang terendah selama 14 tahun terakhir. Bahkan, skor tersebut menempatkan Indonesia pada peringkat ke-64 dari 167 negara dunia.

    Menurut Rizal Ramli, ProDEM bersama para aktivis lainnya sudah berjuang melawan dan berkorban untuk menghapuskan sistem otoriter dan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

     "Kita berhasil mengubah sistem otoriter menjadi demokratis dan KKN dikurangi. Tapi kemenangan itu hanya sementara. Karena anasir-anasir otoriter dan KKN kembali merebut kekuasaan, membalikkan tonggak-tonggak kemenangan yang kita bangun. Kembali pada sistem otoriter sehingga indeks demokrasi Indonesia anjlok 30 poin," jelas Rizal Ramli.

    Mantan Anggota Tim Panel Ekonomi PBB itu mengingatkan bahwa dalam waktu 3 tahun ke depan sampai 2024, krisis akan makin dalam.

    Bisa dipastikan rekayasa adu domba untuk menutupi hal itu akan makin luar biasa. Hal itulah yang membuat demokrasi Indonesia akan makin hancur.

    "Setiap ada masalah di Indonesia, solusi mereka cuma satu, radikal radikul. Kok bisa menyelesakan masalah dengan slogan bahwa semua masalah di Indonesia radikal radikul? Padahal, masalah utama kita adalah korupsi yang luar biasa. Tidak adanya konsistensi antara niat pemimpin, kata-kata pemimpin, dan tindakan," pungkas Rizal Ramli.

     (*)

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa