• Breaking News

    Advertisement

    loading...

    Sudah Ada 28 Laporan Efek Samping Vaksin COVID-19, Apa Saja?


    Sudah Ada 28 Laporan Efek Samping Vaksin COVID-19.

     SUMBARRAYA.COM, - - -

     Sejumlah laporan efek samping vaksin Corona Sinovac di Indonesia telah diterima oleh Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) per Selasa, 19 Januari 2021. 

    Ketua Komnas KIPI, Prof Dr dr Hinky Hindra Irawan Satari, SpA(K) mengatakan bahwa gejala efek samping masih dalam kategori ringan dan tidak berbahaya.

    "Laporan yang masuknya pegal, nyeri di tempat suntikan, kemerahan, lemas, demam, mual, perubahan nafsu makan," kata Prof Hinky dalam diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9 di YouTube, Rabu, 20 Januari 2021.

    Prof Hingky menjelaskan saat vaksin disuntikkan ke tubuh, vaksin dianggap sebagai benda asing sehingga memicu reaksi di dalam tubuh. Gejala yang ditunjukkan pun berbeda-beda, ada yang diberi obat dan ada juga yang tidak perlu pengobatan.

     "Yang disampaikan gejala-gejala yang sudah dilaporkan oleh jurnal-jurnal dari penelitian tempat lain dan di Bandung. Jadi semua bersifat ringan dan semua sehat dan tidak ada yang memerlukan perhatian khusus hingga saat ini," jelasnya.

    Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny K Lukito, sebelumnya telah menjelaskan bahwa ada beberapa efek samping yang ditemukan selama uji klinis vaksin Corona Sinovac: 

    Efek samping lokal : 

    Nyeri

    Indurasi atau iritasi

    Kemerahan

    Pembengkakan

    Efek samping sistemik: 

    Myalgia atau nyeri otot

    Fatigue atau kelelahan

    Demam

    Penny menyatakan bahwa efek samping vaksin Corona Sinovac ini tidak berbahaya dan bisa pulih kembali.

    "Efek samping tersebut merupakan efek samping yang tidak berbahaya dan dapat pulih kembali. Secara keseluruhan, kejadian efek samping ini juga dialami pada subjek yang mendapatkan plasebo," jelas Penny dalam konferensi pers daring, Senin, 11 Januari 2021.

    Source: detikcom

    No comments

    ada

    ada

    Post Bottom Ad

    ad728
    PT. Prosumbar Media Group, Mengucapkan: Selamat datang di www.sumbarraya.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Nov Wibawa